riau24 Hadapi Idul Adha, Disnaktan Kota Pekanbaru Meprediksi Kebutuhan Hewan Qurban Meningkat | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Hadapi Idul Adha, Disnaktan Kota Pekanbaru Meprediksi Kebutuhan Hewan Qurban Meningkat

0
Berita Riau -  Hadapi Idul Adha, Disnaktan Kota Pekanbaru Meprediksi Kebutuhan Hewan Qurban Meningkat
 
Pekanbaru,Riau24.com- Hadapi Hari Raya Idul Adha tahun 2016 atau Hari Raya Haji 1437 Hijriah, diprediksi kebutuhan qurban bisa meningkat dibanding pada tahun lalu. Sehingga perlu didatangkan dari provinsi lain untuk memenuhi kebutuhan qurban.
 
Demikian disebutkan oleh Kepala Distanak Pekanbaru, El Syabrina, menjawab wartawan, Kamis. Dia mengatakan, tahun 2015 dibutuh atau disedia ini 6.417 ekor hewan qurban. Namun, ditahun 2016 ini dibutuhkan sebanyak 7.000 ekor hewan qurban tersebut.
 
"Tahun ini, terjadi peningkatannya akan kebutuhan hewan qurban di Kota Pekanbaru. Yaitu dibutuh itu sekitar 7.000 hewan kurban. Dan ini meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 6.417 ekor. Dibutuhkan itu antara lain terdiri sapi, kerbau dan kambing," katanya.
 
Lebih lanjut dikatakan El Syabrina bahwa, untuk keperluan tersebut sudah perkirakan. Kebutuhan dari pada Hari Raya Haji itu, dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, penggemukan dilakukan peternak di Kota Pekanbaru. Dan ada juga hewan qurban didatangkan.
 
"Untuk penggemukan ini biasanya proses bibit sapi dan kerbau serta kambing yang sudah didatangkan enam bulan lalu. Kemudian, para peternak lokal memelihara hingga panen menjelang lebaran haji. Itu sekitar 70 persen penggemukan di Pekanbaru," katanya.
 
Sementara, 20 persen dilakukan pengadaannya dengan mengirim hewan dewasa siap potong, juga 10 persen bisa sebagai cadangan jika peningkatan permintaan. Dan artinya, 90 persen hewan qurban kebutuhan di Kota Pekanbaru itu sudah berada di sini.
 
Da menambahkan hewan-hewan qurban itu ada yang dipasok dari luar Pekanbaru. Seperti hal dari Kampar dan Pelalawan. Bahkan ada juga dari luar provinsi seperti Lampung, Lombok dan NTB. Dan semua hewan itu, tetap dipantau dan diperiksa kesehatan.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru