riau24 Woro: Perbaiki Permasalahan Karhutla Jangan Dari Hilir Saja, Namun Lihat Hulunya | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Woro: Perbaiki Permasalahan Karhutla Jangan Dari Hilir Saja, Namun Lihat Hulunya

0
Berita Riau -  Woro: Perbaiki Permasalahan Karhutla Jangan Dari Hilir Saja, Namun Lihat Hulunya

Pekanbaru, Riau24.com- Permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak kunjung selesai, sebab dinilai hanya berusaha menyelesaikan persoalan dari hilirnya saja tanpa melihat ke hulunya yang merupakan akar dari permasalahan.

Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau  (Jikalahari) mencatat sepanjang tahun 2015 adalah kasus terparah musibah karlahut dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh persoalan hulu. "Ini yang mesti dilakukan pembenahan," kata Koordinator Jikalahari, Woro Suoartinah.

Dijelaskannya, seharusnya masalah persoalan hulu, Riau harus punya satu tim yang memperbaiki tata kelola lingkungan hidup di Riau. Pihaknya berharap Gubri melihat lebih spesifik masalah ini. Karena kata Woro persoalan awallah yang perlu dibicarakan jangan bicara pemadaman selalu.

"Bagiamana RTRW melibatkan dan dikawal oleh masyarakat, ini agar tidak terjadi pengulangan," imbunya.

Sebab, sudah selama 19 tahun Riau diselimuti asap terus menerus. Puluhan miliar uang habis hanya untuk permasalahan asap. Jadi menurutnya, jangan hanya memikirkan perasalahan pemadaman api . Namun kata Woro, yang perlu dilakukan adalah mencegah dan menyelesaikan permasalahan langsung ke akarnya.

Hasil monitorong dari pihak jikalahari kata Woro juga memperhatikan proses penegak hukum yang ada di Riau . Banyak dampak yang terjadi akibat asap ini. Jarak pandang terbatasi dengan segumpalan asap. Sekolahpun ditutup, pesawat tidak bisa terbang. ISPU dalam level bahaya selama berbulan-bulan. "Kami ingin mengajak publik karhutla untuk tidak lagi secara parsial," pungkasnya.

R24/ntg
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru