riau24 Tak Mau Disalahkan Terkait Rendahnya Serapan APBD, Sekda Siak Sampaikan Bila Semua Kesalahan Dari Pusat | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Anggaran

Tak Mau Disalahkan Terkait Rendahnya Serapan APBD, Sekda Siak Sampaikan Bila Semua Kesalahan Dari Pusat

0
Tak Mau Disalahkan Terkait Rendahnya Serapan APBD, Sekda Siak Sampaikan Bila Semua Kesalahan Dari Pusat
Berita Riau -  Tak Mau Disalahkan Terkait Rendahnya Serapan APBD, Sekda Siak Sampaikan Bila Semua Kesalahan Dari Pusat

Siak, Riau24.com - Masih bertenggernya serapan Anggaran Tahun 2016 diangka 42% disebabkan karena sulitnya anggaran turun dari pusat untuk masuk ke kas daerah.

"Sebenarnya kalau kita mengacu kepada perjalanan waktu untuk tahun anggaran 2016 ini yang sudah mendekati penghujung Bulan Agustus seharusnya angka serapan ABPD selayaknya sudah diatas angka 60%," ujar Sekda Siak Drs HTS Hamzah MSi. 


Baca Juga :
Rebutkan Piala Dari Menteri, Festival Pacu Jalur Dipadati Ribuan Warga Kuansing

Namun meskipun tergolong masih rendahnya serapan APBD ini bukan berarti berbagai kegiatan atau program yang tidak jalan di lapangan.

"Sebenarnya rendahnya serapan anggaran ini  bermuara dari sulitnya dana yang turun dari pusat masuk ke kas daerah. Jika seandainya ada pihak yang kurang mengerti, mungkin bisa saja mereka berasumsi persoalan ini terletak di tangan Pemerintah Daerah. Karena kalau kita berkaca kepada keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan untuk berbagai kegiatan yang ada lewat program yang tersajikan selama ini, saya kira cukup baik dan sangat lancar," tukas Sekda.

Dia mengatakan, hal seperti ini sudah dirasakan sejak tahun anggaran 2015. Disamping itu juga dengan kondisi keuangan negara yang paceklik ini, tentunya membuat Daerah semakin ekstra hati-hati dalam menggunakan anggaran APBD.

Menurut dia, sampai saat ini belum bisa dipastikan berapa lagi sebenarnya angka finalnya APBD tahun anggaran 2016 ini.

Baca Juga :
Pasar Higienis ini Sepi Jual Beli, DPRD Pekanbaru Minta Pemko Cari Solusi 

"Kan tidak bisa juga kita membuat asumsi umpamanya, sekian, kan tidak seperti itu. Kita akan tetap tunggu angka pastinya. Oleh sebab itu, karena rasionalisasi anggaran masih terus berlangsung, sementara untuk penyesuaian anggaran masih dilakukan bongkar pasang. Jadi mana kegiatan yang sifatnya tidak mendesak, dipending dulu dan diutamakan yang skala prioritas," pungkasnya.

Terakhir dia menyebutkan, guna mendapatkan angka pasti terhadap anggaran APBD Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2016 pasca rasionalisasi anggaran yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, bisa dilihat pada pengesahan anggaran perubahan nanti. Dari situ nanti baru bisa ketahuan berapa tinggal APBD Tahun 2016 ini. 



R24/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru