riau24 Patrianov: Pastikan Memisahkan Kantong Kurban Jeroan Merah Dan Hijau | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pekanbaru

Patrianov: Pastikan Memisahkan Kantong Kurban Jeroan Merah Dan Hijau

0
Berita Riau -  Patrianov: Pastikan Memisahkan Kantong Kurban Jeroan Merah Dan Hijau

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Askardiya R Patrianov mengimbau kepada panitia kurban agar lebih memperhatikan penyaluran daging kurban ke masyarakat.

Dikatakannya, hal yang sering terlupakan oleh panitia kurban adalah tidak memisahka memisahkan antara daging jeroan merah dan jeroan hijau, padahal pemisahan adalah keharusan yang mesti dilakukan.

"Hal simpel yang sering dilupakan Ketika proses pemotongan yaitu sering lupa memisahkan jeroan merah dan hijau. Perlu saya garis bawahi," ujar Patrianov, Kamis (26/8/16).

Karena menurutnya, jeroang merah yang terbagi atas hati dan ginjal cenderung lebih steril dibandingkan dengan jeroan hijau yang merupakakan tempat saluran makan dan relatif cemarannya tinggi. "Tidak baik jeroannya dicampur, jadi dipisah sebaiknya," sambung Patrianov saat siaran disalah satu stasiun radio di Pekanbaru.

Dikhawatirkan ketika jeroan merah akan tercemar jika digabungkan dengan jeroan hijau. "Jereon hijau ini karena pengeluaran kita tidak tahu mereka makannya dimana, ada telur cacing atau tidak, jadi pembersiannya harus ekstra," ungkap Patrianov.

Sehingga ketika disalurkan, masyarakat akan mendapatkan 3 kantong dalam 1 kupon kurban. "Ketika kita bagi daging korban dipisah Kategori daging, jeroan merah dan hijau dipisah menjadi tiga kantong, tiidak apa jika menggunakan kantong kecil, yang penting dipisah," imbuhnya.

Namun, ia menegaskan terkait kantong yang biasa dibagikan ke masyarakat, untuk menghindari penggunaan kantong hitam. "Plastik warna hitam itu sebaiknya tidak dipakai karena beresiko tinggi jadi tidak baik," pungkasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru