riau24 Perhatikan Hal Berikut Jika Membeli Sapi Kurban | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Perhatikan Hal Berikut Jika Membeli Sapi Kurban

0
Berita Riau -  Perhatikan Hal Berikut Jika Membeli Sapi Kurban

Pekanbaru, Riau24.com- Berdasarkan pantauan dari Dinas Pertanian dan Peternakan, hingga hari ini tidak ditemukan indikasi penyakit menular pada Sapi.

"Kita sudah bergerak melihat indikasi perkembangan penyakit menular, yang sifatnya masal itu tidak ada," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Askardia R Patrianov, Jum'at (27/8/16).

Namun, pihaknya tengah mendalami penyakit individual masing-masing sapi karena dikhawatirkan akan menularkan kepada manusia. "Dari sebulan yang yang lalu kami tinjau, yang diyakutkan itu seperti cacing dan sebagainya," sambung Patrianov.

Dikatakannya, ciri-ciri hewan yang sehat ditandai dengan kulit yang tidak terlihat kusam, bulu tidak tegak, cermin hidung basah. "ketika cermin hidung kering dan kerak bisa terindikasi demam," kata Patrianov.

Namun yang paling perlu digaris bawahi menurut Patrianov, untuk memperhatikan dengan lebih seksama. Jika hati terjadi pengapuran ditandai dengan bengkaknya hati atau terlihatnya cacing pita. "Kita sudah instruksikan anggota dilapangan agar memperhatikan satu-persatu," imbuhnya.

Dijekaskan Patrianov, jika terlihat bercak darah pada daging tidak masalah. Namun lain cerita jika bercak darah terlihat dalam daging, termasuk jika lubang pengeluaran kotor. "Kemungkinan dia terkena diare kalau lubang pengeluarannya kotor," pungkasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru