riau24 Kontras Tegaskan Kepolisian Meranti Untuk Tidak Berikan Tekanan Kepada Korban | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pekanbaru

Kontras Tegaskan Kepolisian Meranti Untuk Tidak Berikan Tekanan Kepada Korban

0
Berita Riau -  Kontras Tegaskan Kepolisian Meranti Untuk Tidak Berikan Tekanan Kepada Korban

Pekanbaru, Riau24.com- Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) menegaskan kepada pihak Polisi Daerah Riau dan jajarannya untuk tidak melakukan rayuan, ajakan dan tekanan kepada korban maupun saksi atas peristiwa rusuh di Meranti yang menelan satu nyawa.

Sebab menurutnya, tindakan yang dilakukan pihak kepolisian dimana pada hakikatnya adalah alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum, sehingga menghilangkan dua nyawa adalah tindak sejalan dengan semua tugas dan fungsinya.

"Tindakan ini patut dilihat sebagai tindakan yang memalukan! Harus dihentikan," ujar Koordinator Kontras, Haris Azhar, Sabtu (27/8/16).

Dikatakannya, ia mengapresiasi pencopotan jabatan kepada Kapolres Meranti, namun terangnya, ini masih belum cukup.

"Kematian yang diduga dari tembakan personil polisi, penyiksaan dan kekacauan yang terjadi haruslah direspon dengan penegakan hukum. Sudah sering kita lihat bahwa brutalitas polisi hanya berujung hampa tanpa penegakan hukum. Kami khawatir hal ini berulang di Meranti," terang Haris di Jakarta.

Untuk itu Kontras melalui Haris meminta agar masyarakat Meranti dari berbagai lapisan, profesi dan para tokoh untuk menjadi lokomotif penegakan hukum.

"Anda semua harus mengawasi kerja pihak polda Riau dalam melakukan penegakan hukum atas kasus Meranti Berdarah ini. Kita patut memberikan target, paling tidak dalam 1x24 jam sudah harus dilakukan penyidikan atas pembunuhan terhadap masyarakat Meranti. Jika sampai tidak dilakukan, kita patut waspada dan cemas bahwa hukum akan dimanipulasi lagi.

Iapun turut mengundang para korban dan tokoh untuk pergi ke Jakarta dan melaporkan buruknya kinerja kepolisian daerah Meranti ke DPR RI, Komnas HAM, ombudsmen Indonesia dan sebagainya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru