riau24 BKKBN Riau Beri Pelatihan Survei Indikator Bagi Supervisor dan Enumerator | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

BKKBN Riau Beri Pelatihan Survei Indikator Bagi Supervisor dan Enumerator

0
Berita Riau -  BKKBN Riau Beri Pelatihan Survei Indikator Bagi Supervisor dan Enumerator
PEKANBARU,Riau24.com- Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Riau mengadakan pelatihan survei indikator Bagi Supervisor dan Enumerator di Hotel Fave Pekanbaru. Ada sebanyak 28 peserta dari perguruan tinggi di Riau yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat dan Universitas Riau (UR) ikut dalam acara yang berlangsung selama 14 hari dari hari Senin 28 Agustus sampai 10 September.

Hadir sebagai pemateri Yendrizal Makmur kepala perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Siti Mardiyah dari badan pusat statistik dan Bubung Bunyamin perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Fadli  Ilhami Perwakilan  BKKBN Riau, Nur laila Meilani, Otang Kurniawan Musadad, Elvina, dari UR, dan Abdul Ghofur  dari UIN Suska Riau.

Bubun Bunyamin sebagai ketua panitia Selasa (30/8) mengatakan, tujuan pelatihan ini dilakukan ialah untuk memberikan wawasan, dalam meningkatkan pengetahuan dan penyamaan persepsi para peserta pelatihan dalam hal subtansi pertanyaan yang digunakan dalam survei, dan mengenal serta melatih ketrampilan  peserta dalam pengunaan smartphone sebagai sarana untuk pengumpulan data survei.

"Berbeda dari tahun sebelumnya tahun 2016 ini survei indikator kinerja program KKBPK - RPJMN menggunakan smart phone, sebagai sarana penunjang untuk pengumpulan data dilapangan. Kecanggihan dari Smart Phone ini telah teruji pada pelaksanaan survei PMA 2015 tahun lalu,'katanya.

Adapun materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini, ia mengatakan mencakup keluarga berencana,  etika penelitian dan tehnik wawancara, metode sampling dan listing, penjelasan kuesioner rumah tangga, wanita, keluarga dan remaja, roleplay kuesioner rumah tangga, wanita, keluarga dan remaja, pengenalan smratphone android dan ODK dan manageman atau pengelolaan data.

Sementara itu Yendrizal Makmur kepala perwakilan BKKBN Provinsi Riau mengatakan, menyambut baik gembira dengan adanya survei indikator kinerja ini dengan memanfaatkan smartphone, karena saat ini ditingkat Internasional,hampir semua survei sudah menggunakan smartphone.

"Pelatihan selama dua minggu ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi yang belum pernah mempratekkan bagaimana cara survei dengan menggunakan smartphone, dan saya yakin peserta yang belum terbiasa dengan subtansi penelitian yang panjang,dengan adanya pelatihan ini akan tergerak  hatinya mendalam subtansi survei
indikatornya kinerja ini,"paparnya.

Dijelskannya, survei indikator kinerja program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2016 ini, sebenarnya merupakan survei tahunan yang dikenal dengan istilah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Survei ini mengukur indikator kinerja sasaran terhadap rencana strategis BKKBN. Survei ini berskala nasional, representatif provinsi dan dilakukan setiap tahun sejak tahun 2009.

Rencana semula survei di tahun 2016 ini katanya akan mengambil sejumlah sampel yang representatif kabupaten dan kota dengan metode lama yaitu menggunakan daftar pertanyaan dalam bentuk hard copy. Namun dengan perkembangan  waktu dan teknologi, maka Puslitbang KB dan KS mengubah cara pengumplan data  survei menggunakan smartphone.

'Keuntungan pengumpulan data dengan smartphone ini dapat menghemat kertas, lebih menghemat waktu, pengolahan data serta analisisnya,'tutupnya.(iko/R24)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru