riau24 JCH Rohul Selesai Bayar Denda Dam Dari Pelaksanaan Haji Tamattuk | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Jamaah Calon Haji (JCH)

JCH Rohul Selesai Bayar Denda Dam Dari Pelaksanaan Haji Tamattuk

0
JCH Rohul Selesai Bayar Denda Dam Dari Pelaksanaan Haji Tamattuk
Berita Riau -  JCH Rohul Selesai Bayar Denda Dam Dari Pelaksanaan Haji Tamattuk
Rohul, Riau24.com - Sebanyak 235 Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul, sudah selesai bayar Dam yakni dengan memotong seekor kambing sebagai denda dari pelaksanaan Haji Tamattuk‎.

Baca Juga :
BPK Tak Pernah Larang Untuk Beriklan di Media 
 
Demikian disampaikan, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H Elfalisman SAg.
 
Dikatakannya, bahwa pelaksanaan Ibadah Haji itu ada tiga bentuk. Pertama, Haji Tamattuk, yakni haji bersenang-senang, dimana para Jamaah Calon Haji (JCH) melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu, kemudian istirahat beberapa waktu, lalu kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah haji. Waktu pelaksanaan ibadah umroh dan haji satu masa, hanya diselingi dengan waktu istirahat beberapa hari.  
 
Kedua, Haji Ifrad, yakni melaksanakan ibadah umroh dahulu secara tersendiri, kemudian pulang ke tanah air, setelah itu pergi lagi ke tanah suci khusus untuk melaksanakan ibadah haji. Sehingga antara ibadah umroh terpisah waktu pelaksanaannya dengan ibadah haji. 
 
Ketiga, adalah Haji Qiron, yakni pelaksanaan ibadah haji secara bersamaan antara Umroh dan Haji, dimana setelah melaksanakan umroh, langsung melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaannya bersambung antara pelaksanaan ibadah umroh dengan pelaksanaan ibadah haji.
Berdasarkan laporan yang disampaikan secara resmi oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter VII Drs H Syahruddin MSy dan Ketua Kloter VII Embarkasi Batam Sudarmanto SAg dari Makkatul Mukarromah, menyatakan bahwa para Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul dan Dumai, semuanya telah membayar Dam, dengan memotong seekor kambing bagi setiap JCH.
 
Pemotongan Kambing sebagai pembayaran Dam tersebut, dilaksanakan di Kaqi, 13 KM dari Masjidil Harom, sebuah tempat khusus untuk pemotongan kambing bagi para JCH. Di tempat pemotongan hewan ini, terdapat pasar penjualan kambing, sehingga para JCH dapat memilih kambing yang akan dipotongnya sebagai Dam.
 
Syahruddin juga melaporkan, bahwa para Jamaah Calon Haji (JCH) juga telah dibawa melihat Gua Hiro, tempat Nabi Muhammad SAW bertahannust/beribadah mendekatkan diri keada Allah SWT sesuai ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Ibrahim AS. Kemudian Nabi Muhammad SAW dilantik menjadi Nabi dan Rasul di tempat ini, yang ditandai dengan turunnya wahyu pertama, lima ayat pertama dalam Surat Al-Alaq.




R24/ags 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru