riau24 Anies Baswedan dan Yoyok Riyo Sudibyo, Dilirik Parpol ke Pilgub DKI | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pilgub DKI 2017

Anies Baswedan dan Yoyok Riyo Sudibyo, Dilirik Parpol ke Pilgub DKI

1
Anies Baswedan dan Yoyok Riyo Sudibyo, Dilirik Parpol ke Pilgub DKI
Berita Riau -  Anies Baswedan dan Yoyok Riyo Sudibyo, Dilirik Parpol ke Pilgub DKI

Jakarta, Riau24.com - Di samping nama-nama yang sudah 'pasaran' di bursa cagub DKI, ada dua nama yang terus menanjak meski belum gerilya masyarakat. Dua nama itu adalah Anies Baswedan dan Yoyok Riyo Sudibyo, seperti apa kekuatan mereka di mata masyarakat?

Sejumlah survei mencatat penilaian masyarakat terhadap kinerja, popularitas, bahkan elektabilitas mereka. Bahkan saat mereka belum melancarkan kampanye menuju Pilgub DKI sudah banyak lembaga survei yang menjajaki peluang mereka ke Pilgub DKI.

[Sambut Hari Raya Qurban, Riau Butuh 28.000 Ekor Sapi dan Kerbau]
 

Anies Baswedan yang belum lama melepas jabatan dari Mendikbud langsung mendapatkan tawaran untuk maju Pilgub DKI. Berdasarkan survei Populi Center yang dirilis Selasa (30/8) kemarin, popularitas Anies Baswedan mencapai 62,2%. Popularitas Anies yang tak pernah persiapan maju Pilgub DKI ini di urutan 9 di bawah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tri Rismaharini (Risma), Dede Yusuf, Yusuf Mansur, Yusril Ihza Mahendra, Djarot Saiful Hidayat, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno. Dari segi popularitas ia juga di atas Adhyaksa Dault, Rizal Ramli, Budi Waseso, Sjafrie Sjamsoeddin, Heru Budi Hartono, dan Saefullah yang namanya di pusaran cagub DKI.

Sedangkan dari segi elektabilitas dengan dengan pertanyaan terbuka (Top of Mind), Anies Baswedan baru meraih 0,2%. Meski demikian pada elektabilitas 7 tokoh elektabilitasnya 1,8% sejajar dengan Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat. Ketia dihadapkan head to head dengan Ahok, Anies dipilih oleh 15% suara sementara Ahok di angka 56%.

[Pagi Ini Titik Panas di Riau Nihil]
 

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 400 responden, di 6 wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±4.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Semasa menjabat Mendikbud, Anies juga mendapatkan penilaian positif dari masyarakat. Survei Populi Center yang dilakukan pada 15-22 Oktober 2015 menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Anies berada di urutan ketiga di bawah Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Mensos Khofifah Indar Parawansa. Ia juga meraih posisi ketiga pada lima besar menteri favorit.

[Info Penting Bagi 73 Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi]
 

Sementara itu nama kedua yakni Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo juga jadi cukup menjadi sorotan masyarakat. Kinerjanya menatang Batang dan upayanya menyelesaikan semua janji kampanyenya hanya dalam satu periode menuai apresiasi.

Nyatanya hasil survei opinion leader yang digelar Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia menunjukkan bahwa Yoyok Riyo Sudibyo yang sebelumnya aktif sebagai intelijen TNI adalah satu-satunya kepala daerah non partisan yang dianggap punya banyak keunggulan.

[Dua Mobil Alphard Milik Pemprov Riau Hilang, Gubri Sebut Akan Kejar Pelakunya]
 

Dilakukan penilaian jarak jauh oleh para pakar terhadap nama-nama kepala daerah yang dipandang berhasil memimpin, dengan memberikan 25 indikator penilaian yang mengukur 2 dimensi (kapabilitas dan karakter persolan), yang terbagi menjadi 8 aspek untuk dinilai. Survei dilakukan melalui proses expert judgement dari pakar yang telah dilakukan pada rentang waktu 13 Juni-28 Juli 2016.

"Kita mewawancarai 215 orang responden, dirandom dari 250 orang yang ada di database Laboratorium Psikologi Politik UI, di antaranya itu 37% gelar doktor dan 29% gelar profesor," ujar Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk, dalam konferensi pers hasil penelitian di Restoran Madame Ching di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

[BKKBN Riau Beri Pelatihan Survei Indikator Bagi Supervisor dan Enumerator]
 

Hasilnya, kapabilitas Yoyok cuku bisa diadu. Ia mendapatkan penilaian positif dari 5,83 pakar. Simak skor kapabilitas tokoh yang dikaitkan dengan Pilgub DKI sebagai berikut:

Basuki T Purnama: 7,87%
Tri Rismaharini: 7,77%
Ridwan Kamil: 7,74%
Sandiaga Uno: 6,14%
Djarot Saiful Hidayat: 6,03%
Suyoto: 5,91%
Yoyok Riyo Sudibyo: 5,83%
Sjafrie Sjamsoeddin: 5,60%
Yusril Ihza Mahendra: 5,43%

Karena banyaknya penilaian positif itu Yoyok sudah dilirik PKS dan Gerindra menuju Pilgub DKI. Namun sejumlah elite PDIP juga kabarnya mencoba menyorongkan Yoyok ke Pilgub DKI.

Bermodalkan sorotan positif di mata masyarakat, mungkinkah duet Anies-Yoyok diusung parpol ke Pilgub DKI?


R24/gig 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 18:48 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru