riau24 Jelang Idul Adha, Harga Cabe Merah Capai Rp50 Ribu/Kg | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pekanbaru

Jelang Idul Adha, Harga Cabe Merah Capai Rp50 Ribu/Kg

0
Berita Riau -  Jelang Idul Adha, Harga Cabe Merah Capai Rp50 Ribu/Kg

Pekanbaru, Riau24.com- Harga cabe merah Bukittinggi jelang hari raya Idul Adha mencapai Rp50 ribu per kilogram. Namun lonjakan harga ini buka hanya dipengaruhi oleh peringatan hari raya tersebut namun juga karena faktor kabut asap dan keterbatasan pasokan.


Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman mengatakan, jika harga cabe merah ini tak kunjung turun hingga minggu pertama bulan September, maka pihaknya berencana akan mendatangkan cabe impor.


"Apabila ini bertahan sampai minggu pertana September, kamu mungkin akan berkoordinasi dengan provinsi. Ya mungkin kita akan mulai bicara soal cabe impor," tutur Irba.


Sementara itu, Irba menjelaskan lonjakan harga cabe merah ini juga dikarenakan kurangnya pasokan. Berkurangnya pasokan yang masuk ke Pekanbaru disebabkan musim kemarau dan terjadi kekosongan masa tanam yang mengakibatkan stok cabe menjadi terbatas.


"Kalau sudah begitu, maka berlaku hukum pasar, yaitu harga ditentukan oleh stok yang disuplai mereka," jelasnya.


Tahun 2015 lalu, jelang Idul Adha harga cabe melejit hingga Rp100 ribu per kilogram. Namun tahun 2016 ini, Irba meyakinkan jika harga cabe tak akan setinggi itu.


"Tahun ini kita perkirakan tidak sampai segitu. Karena mudah-mudahan dengan sudah turunnya hujan di beberapa daerah, kita harap proses panen semakin cepat. Ya kita harap sentra-sentra bisa mulai mengirimkan hasil tanam mereka ke Pekanbaru," tuturnya.


Terkait kabut asap yang beberapa hari lalu mulai menyambangi Pekanbaru, juga membuat Irba khawatir. Pasalnya, hal tersebut juga merupakan salah satu faktor harga sembako khususnya cabe menjadi naik.


"Nah ini yang kita khawatirkan, kalau diperparah lagi dengan asap artinya transportasi akan terganggu, itu yang jadi permasalahan," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru