riau24 Virus Zika Mirip Dengan DBD, Namun Perbedaan Terjadi Di Ibu Hamil | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Virus Zika Mirip Dengan DBD, Namun Perbedaan Terjadi Di Ibu Hamil

0
Berita Riau -  Virus Zika Mirip Dengan DBD, Namun Perbedaan Terjadi Di Ibu Hamil

Pekanbaru, Riau24.com- Pada dasarnya virus zika sama seperti penyakit Demam Berdarah (DBD) yang tertular melalui nyamuk aedes aegypti, namun dampak virus zika akan berbeda jika terjadi pada ibu hamil.

Seperti dikatakan Etra Fianus Hendri, petugas KKP Kelas II Pekanbaru, ibu hamil yang terjangkit virus zika akan menyebabkan bayi yang dikandungnya terlahir sebagai mikrosefali.

Karena virus zika merupakan virus infeksi yang menyerang perkembangan otak janin. Saat seorang ibu hamil terjangkit virus ini, ia akan mengganggu perkembangan otak bayi yang dikandungnya sehingga volume otaknya menyusut (mikrosefali).

"Pada dasarnya gejala itu sama dengan DBD, hanya saja kalau diserang ke ibu hamil, anaknya nanti akan kena mikro sefali. Itu yang kita takutkan," tutur Etra Kepada Riau24.com, Sabtu (3/9/16).

Beberapa gejala yang dialami ketika terjangkit virus zika adalah deman atau suhu badan tinggi, terdapat bintik -bintik merah atau ruam, mata merah dan pusing.

"Oleh karena itu kita meminta penumpang yang dikarantina untuk mengisi formulir agar bisa menjadi acuan untuk dibawa ke rumah sakit," jelas Etra di Bandara Internasional SSK II.

Virus zika ini awalnya berasal dan berkembang di Negara Brasil, Amerika Selatan. Hingga Oktober 2015, terjadi sebanyak 4 ribu kasus mikrosefali pada bayi di Amerika.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, belakangan, virus ini telah semakin dekat ke Indonesia karena ternyata telah mewabah di Singapura. Jumlah pasien penderita virus ini terus bertambah. Ahad pekan lalu tercatat 41 pasien terjangkit zika. Saat ini bertambah 82 pasien.

Maka dari itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Rozita, mengimbau masyarakat untuk mencegah berkembangnya virus zika dengan membudayakan 4M plus.

Adapun 4M plus tersebut yakni menguras baik air, menutup bak mandi, mengubur barang bekas, memantau plus jangan menggantung pakaian bekas pakai, memelihara ikan, hindari gigitan nyamuk dan bubuhkan bubuk abate di tempat-tempat penampungan air.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru