riau24 Solusi Atasi DBD dengan Nyamuk Ber-Wolbachia | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Solusi Atasi DBD dengan Nyamuk Ber-Wolbachia

1
Berita Riau -  Solusi Atasi DBD dengan Nyamuk Ber-Wolbachia
Jakarta, Riau24.com - Penelitian Eliminate Dengue Program (EDP)yang menggunakan nyamuk ber-Wolbachia sukses dilakukan di Sleman dan Bantul. Untuk tahap ketiga, penelitian dilakukan di kota besar yakni Yogyakarta.

Kita tentu pernah mendengar nyamuk demam berdarah atau sering disebut dengan DBD (Demam Berdarah Dengue), penyakit ini sering kita jumpai di desa maupun di kota. Semua bisa terkena gigitan nyamuk ini dan anehnya nyamuk ini bisa menjadi baik dan tidak jahat jika dikawinkan dengan nyamuk yang mengandung Bakteri Wolbachia. Tepat di kantor EDP, Sekip N-14, Kampus UGM, tempat ini menjadi penelitian nyamuk yang mengandung Bakteri Wolbachia.

Nyamuk yang diuji coba ini berjenis Aedes aegypti dimana nyamuk ini sebelum disebarkan dibeberapa desa, dipastikan harus sudah mengandung bakteri Wolbachia agar nanti ketika disebarkan mereka saling kawin dan menghasilkan anak dengan bibit Wolbachia dan hasil perkawinannya disebut dengan Nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia.

Tujuannya sendiri adalah untuk menyebarkan Wolbachia sebagai cara pengendalian deman berdarah di kawasan kota besar. Padahal yang kita tahu untuk pencegahan nyamuk DBD hanya ada 2 yaitu fogging dan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur), sekarang nyamuk yang mengandung bakteri Wolbachia menjadi salah satu pencegahan penyakit DBD.

Penelitia utama EDP dari Universitas Gadjah Mada, Prof Adi Utarini, mengatakan penelitian di Sleman dan Bantul menyasar daerah yang penduduknya sedikit dan tidak terlalu ramai. Penelitian tahap ketiga dilakukan di Yogyakarta untuk melihat efektivitas dan pengaruh nyamuk ber-Wolbachia dalam menekan kasus terjadinya demam berdarah dengue (DBD).

"Karena di dusun-dusun tempat kami melakukan penelitian di Sleman dan Bantul itu penduduknya sedikit, nggak sampai 2.000-an. Sehingga sulit dilihat efektivitasnya, karena bisa saja penduduk ini terkena dengue dari tempat lain," ungkap wanita yang akrab disapa Prof Uut ini dalam temu media di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Peletakan telur perdana nyamuk ber-Wolbachia sudah dilakukan Rabu (31/8) lalu di Yogyakarta. Prof Uut mengatakan sudah ada 700 ember telur nyamuk ber-Wolbachia yang diletakkan. Satu ember berisi kurang lebih 100 telur dan mencakup 5 sampai 10 rumah penduduk.

Ia juga menjelaskan perbedaan penelitian yang dilakukan di Yogyakarta dengan di Bantul dan Sleman. Di Sleman, nyamuk yang dilepaskan merupakan nyamuk dewasa. Hal ini dinilai kurang efektif dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penduduk karena jumlah nyamuk yang makin banyak.

Untuk mengatasinya, peneliti mengubah strategi di Bantul menjadi meletakkan telur nyamuk dalam ember. Peletakkan dilakukan 10-12 kali dengan interval waktu 2 minggu. Khusus untuk di Yogyakarta, metode yang dilakukan masih sama namun jumlah peletakkan telur dipersingkat menjadi 8 kali.

"Karena telur nyamuk tidak menetas bersamaan kan. Di Jogja kita peringkat menjadi 8 kali untuk mempermudah masyarakat. Kalau waktunya diperpendek namun hasilnya optimal dan lebih baik kenapa tidak dilakukan, itu saja alasannya," tuturnya lagi.

Ke depannya, penelitian ini akan dilakukan juga di kota-kota besar di Indonesia yang memiliki jumlah kasus DBD tinggi. Kota-kota seperti Jakarta, Surabaya dan provinsi Bali merupakan target penelitian selanjutnya.

"Di Jogja penelitian kita sampai 2019. Setelah hasil realnya keluar, baru kita akan coba lagi di kota-kota besar lain seperti Jakarta, Surabaya dan Bali," tutupnya.

R24/det/mla

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 19:15 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg Nama :
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru