riau24 Polri Kantongi Nama Pengirim 177 Jemaah Haji via Filipina | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Polri Kantongi Nama Pengirim 177 Jemaah Haji via Filipina

1
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)
Berita Riau -  Polri Kantongi Nama Pengirim 177 Jemaah Haji via Filipina

Riau24.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan Polri sudah mengantongi nama-nama yang terlibat memberangkatkan 177 calon jemaah haji yang ditangkap di Filipina. Kabar itu diterima jelang pemulangan 168 calon jemaah haji yang tertahan di Filipina.

"Kedutaan sebagian besar sudah diwawancarai. Sehingga, kami sudah mendapatkan nama-nama siapa yang mengirimkan," ujarnya saat ditemui di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 4 September 2016.

Meskipun sudah mengantongi nama-nama calon tersangka yang terlibat, tapi Kapolri belum bisa mengumumkan lebih rinci terkait nama-nama tersebut. "Nanti penetapan tersangka baru kami umumkan," katanya.

Ia menambahkan, kasus tersebut juga turut melibatkan warga negara asing. Menurutnya dari informasi yang didapat adanya warga Malaysia yang terlibat juga.

"Tim penyidik Bareskrim Polri yang berada di Filipina terus bekerja mengungkap kasus tersebut. Sementara tim investigasi yang ada di dalam negeri juga sudah melakukan penelusuran ke sejumlah daerah," tuturnya.

Tito mengatakan, tim sudah bergerak yang ada di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan. Dia mengungkapkan sudah hampir lebih dari 10 hari tim tersebut bergerak. "Nanti kalau sudah ada penetapan tersangka baru akan kita sampaikan," ujar mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu.

Sebelumnya, 177 warga negara Indonesia (WNI) diamankan otoritas Filipina, lantaran menggunakan kuota haji Filipina dan paspor palsu untuk menunaikan ibadah haji. Kasus ini terbongkar, saat petugas bandara mendapatkan ratusan WNI itu tak bisa berbahasa asli Filipina, meski paspor tertera warga sana.

Setelah 20 hari tertahan di Filipina sejak pertengahan Agustus lalu, 168 dari 177 calon jemaah haji tersebut sudah tiba di Tanah Air. Sementara 9 orang calon jemaah yang tersisa, masih harus tinggal sementara di Filipina karena dibutuhkan pendalaman oleh otoritas Filipina. Selama menunggu pemeriksaan dan proses pemulangan, mereka tetap boleh tinggal di fasilitas KBRI di Filipina.

R24/viv/mla 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 19:14 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru