Kamis, 28 Agustus 2014
Tips Merawat Motor Yang Terendam Banjir
0
foto R24.com
Tips Merawat Motor Yang Terendam Banjir
Riau24.com--Disaat musim penghujan tiba, saatnya kita berhati-hati saat berkendara disaat hujan. Kebanyakan bikers malas melakukan perjalanan dengan sepeda motor karena takut motornya rusak dan macet terkena air. Nah sebagai bikers kita wajib tau cara mengatasi hal tersebut agar tidak menganggu aktifitas kita.

Jika motor kita terkena banjir jangan panik dulu bro. Karena bila cara membersihannya benar, motor kesayangan akan kembali prima. Komponen yang wajib diwaspadai saat motor terkena banjir adalah kabel. Sebab kelistrikan ini sangat sulit dibersihkan, bisa jadi Anda akan mengurut ulang kelistrikan motor.

Berikut kami berikan 5 Tips Merawat Motor Setelah Kebanjiran :

1. Matikan motor
Saat motor teremdam air segeralah matikan motor. Kemudian dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.

2. Buka mesin
Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.

3. Ganti oli
Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.

4. Rantai
Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.

5. Rem tromol
Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.

Semoga info mengenai 5 Tips Merawat Motor Setelah Kebanjiran dapat bermanfaat bagi para bikers.


(R24/Ar)
Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com