riau24 Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rohul Berhasil Padamkan Api | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kebakaran Hutan Di Riau

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rohul Berhasil Padamkan Api

0
Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rohul Berhasil Padamkan Api
Berita Riau -  Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rohul Berhasil Padamkan Api

Rohul, Riau24.com - Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Rohul, berhasil padamkan api yang membakar satu hektar lahan karet tua yang sudah tumbang, di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Minggu (4/9/2016) sekitar pukul 18.00 WIB.


Baca Juga :
BPD, Ninik Mamak, dan KTNA Bonai Bantah Sandera 7 Petugas KLHK

Awalnya, kebakaran lahan diketahui dari pantauan satelit Terra dan NOAA yang terpantau, dimana lokasi tersebut terjadi kebakaran lahan. Kemudian Tim Satgas Karlahut menuju lokasi.

“Dandim 0313/KPR memberitahu melalui telepon, dari pantauan Hot spot ditemukan titik api. Kita langsung mengecek ke lapangan,” sebut Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Minggu sore saat ikut padamkan api di lokasi kebakaran lahan.

Tim satgas Karhutla menemukan lahan karet tua seluas 1 Hektar titik koordinates N00 49’40.248”  E100 16’45.139” yang sudah diimas tumbang. Diduga lahan memang sengaja dibakar pemiliknya untuk membuka lahan baru, dimana terlihat saat petugas melihat adanya galangan anak kayu sebagai pembatas lahan yang akan dibakar.

Danramil 02 Rambah melalui Danramil Rambah menghimbau, agar masyarakat yang ada di wilayah  teritorialnya, tidak membakar lahan bila ingin bercocok tanam. Karena dampaknya sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat luas.

“Bila ingin bercocok tanam, gunakanlah dengan cara yang lain, bisa dengan ditumpuk saja karena lama kelamaankan kayu akan membusuk,” imbau Danramil 02 Rambah. 

Karena dengan cara membakar, selain melanggar aturan hukum, juga merusak lingkungan. Apalagi bencana asap yang selama ini kita rasakan bisa berpengaruh bagi kesehatan orang lain.

Tim satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, POLRI, BPBD Rohul dan masyarakat, melakukan pemadaman api yang melahap lahan dengan dibantu dua unit mobil Damkar milik BPBD Rohul.

Baca Juga :
Enda Bocah SD Hilang Ditemukan Tewas di Perairan Indragiri
 

Sikapi kebakaran lahan tersebut, Kades Desa Sialang Jaya Topik Ahmadi menjelaskan, pemilik lahan bukanlah milik warganya, melainkan milik warga Desa Rambah Tenga Barat Kecamatan Rambah.

“Lahan itu memang masih wilayah desa kita, tapi pemiliknya bukan warga kita melainkan milik warga Desa Rambah Tengah Barat,” terang Topik kepada Danramil 02 Rambah dan Kapolsek Rambah AKP Masjang Efendi, yang menanyakan kepada Topik.

Kini pihak kepolisian tengah melakukan menyelidiki, untuk mengetahui siapa pemilik lahan dan apa penyebab dari kebakaran lahan tersebut. Selanjutnya karena pemadaman selesai dilaksanakan hingga pukul 19.30 WIB, besok siang lahan yang terbakar akan di pasang garis polisi guna penyidikan lebih lanjut.



R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru