riau24 Pemko Dumai Dapat Program Smart City Gratis Dari Pemko Bandung, Wawako Tandatangan MoU | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Program Smart City

Pemko Dumai Dapat Program Smart City Gratis Dari Pemko Bandung, Wawako Tandatangan MoU

0
Pemko Dumai Dapat Program Smart City Gratis Dari Pemko Bandung, Wawako Tandatangan MoU
Berita Riau -  Pemko Dumai Dapat Program Smart City Gratis Dari Pemko Bandung, Wawako Tandatangan MoU

Dumai, Riau24.com - Smart City merupakan inovasi dan terobosan dalam menata dan mengelola sistem pemerintahan yang berbasis teknologi dan aplikasi internet.

Dimana, aplikasi tersebut juga bertujuan agar masyarakat lebih mudah, murah, cepat dan efektif dalam mendapatkan pelayanan baik dibidang administrasi, kesehatan, dan pengaduan dan pelayanan lainnya dari pemerintah.

Smart city merupakan gagasan Walikota Bandung Ridwan Kamil yang telah di implementasikan di pemerintahan Kota Bandung, sebagai solusi penyelesaian persoalan seputar management kepemerintahan.

Baca Juga :
Parah! Pengemis Ditabrak Berulang Kali Hingga Tubuhnya Terpotong-potong, Tak Ada yang Peduli 

Hingga saat ini pemerintah Kota Bandung telah memiliki 325 aplikasi internet dan akan di hibahkan secara gratis kepada Pemerintah Kota seluruh Indonesia yang hadir di acara Smart City Forum 1-2 September 2016 di hotel Luxury Trans Kota Bandung yang dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.

Sebagai kota yang terus berkembang, Dumai tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan teknologi.
Untuk hal tersebut Pemko Dumai menjajaki kerjasama aplikasi memanfaatkan fasilitas internet guna dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Dumai dengan lebih baik lagi.

Untuk itu Pemko yang diwakili oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menghadiri dan menandatangani MoU dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil pada acara Smart City forum tersebut.

Tampak hadir dalam acara Smart City forum ini yaitu Mentri MenPAN-RB Asman Abnur, Dirjen Kemenpan profesor Diah, Ceo Ciement Indonesia Josep Winter, Sekda Jawa barat, Walikota Bandung sebagai Tuan rumah.

“Konsep Smart City sejalan dengan instruksi presiden kepada saya yaitu fokus terhadap kemudahan pelayan publik yang harus memiliki birokrasi yang memudah kan masyarakat bukan malah menyulitkan masyarakat. Smart city telah menjawab tantangan kendala yang terjadi yang sebelumnya kita hadapi, secara manual. Selanjutnya saya akan membuat surat kepada seluruh kepala daerah agar wajib melaksanakan program Smart City ini,” ujar Menteri MenPAN-RB Asman Abnur.

Program Smart City penggunaan aplikasi berbasis teknologi dan internet yang telah dilakukan bukanlah untuk menunjukkan gaya dan trendy masa kini, tetapi adalah sebuah kebutuhan dalam menyelesaikan persolan dan kendala yang sedang dihadapi dan pihaknya pun berpikir keras untuk mencari solusi.

“Kami telah buktikan bahwa arti penting smart city berbasis teknologi sederhana mampu menyelesaikan persolan dengan mudah, murah, cepat, akurat yang jika kita kerjakan dengan secara manual akan membutuhkan waktu yang sangat lama,” ujar Ridwal Kamil, Walikota Bandung.

Baca Juga :
Pelototi Parkiran Siang Malam Demi Nyuri Helm 

Dan setelah program ini berjalan, kualitas kinerja pemerintah semakin membaik, pelayanan yang cepat terhadap masyarakat, memiliki data yang akurat saat dibutuhkan. Dan masyakat pun merasa puas dengan adanya program ini.

Sementara, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo mengatakan, Smart City merupakan suatu pemanfaatan teknologi yang sangat baik dan Kota Dumai butuh hal ini, untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dumai kita pastikan menuju Smart City, secepatnya kita laksanakan. Sebagaimana tadi pengunaan aplikasi smart city telah kita dapatkan melalui MoU dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil dan penggunaannya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang terjadi secara bertahap. Bukankah akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang kita sebut dengan one stop point. Sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Baik bidang kesehatan, pendidikan, akurasi data, kecepatan mendapatkan informasi, evalusi kinerja, dan bidang bidang yang lainnya. Semoga semuanya berjalan lancar sesuai yang mayarakat inginkan,” ujar Wawako.




R24/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru