riau24 Ternyata Ini Modus Dibalik Terjadinya Karhutla di Riau | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ternyata Ini Modus Dibalik Terjadinya Karhutla di Riau

0
Berita Riau -  Ternyata Ini Modus Dibalik Terjadinya Karhutla di Riau

Pekanbaru, Riau24.com- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan, dirinya sudah mempelajari perihal modus karhutla sejak November 2014. Dari cerita-cerita empirik di KLHK bahwa di Riau, modus yang sering terjadi adalah perusahaan mengatasnamakan masyarakat atau kelompok-kelompok masyarakat yang terorganisir dengan pemodal.


"Kemudian pada Januari 2015, saya juga cek yang di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Itu modusnya sama persis. Untuk Sumsel dan Jambi, meski saya belum dapat konfirmasi, namun sebenarnya juga lebih kurang sama indikasi modusnya," ujarnya.


Dijelaskannya, setelah ditelisik dari catatan-catatan yang ada, ternyata kondisi tersebut akibat proses metamorfosis perizinan.


"Arti metamorfosis perizinan, dia berangkat dari kegiatan illegal logging, lalu mereka meminta izin (tambang, kebun dan HTI), lalu minta alih fungsi dalam rencana tata ruang," jelasnya.


"Jadi ini metamorfosis yang sangat buruk. Untuk mengkonfirmasi hal itulah, diperlukan fakta lapangan sebagai jalan untuk kita membenahi, kita mendisiplinkan sekaligus melakukan penegakan hukum Karhutla secara benar dan berkeadilan. Berangkat dari kasus di Rohul ini kiranya akan menjadi momentum perbaikan kita semua," katanya lagi.


Sedikit gambaran untuk Riau, sambungnya, berdasarkan data yang diperoleh dari KPK, status izin kebun di Riau, totalnya ada 447 perusahaan. Terdiri dari HGU 154, IUP 145, Izin lokasi 21, dan yang tidak berizin ada 127.


"Khusus untuk di Rokan Hulu sendiri ada 59 perusahaan. Terdiri dari HGU 22, IUP 20 dan tidak berizin 17. KPK sudah mereview perusahaan yang tidak berizin dan mereka beraktifitas seperti di hutan lindung, di hutan produksi tetap, hutan produksi konversi dan lain-lain. Luasannya sekitar 1,8 juta hektar," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru