riau24 Sempena HAN, Inilah 12 Aspirasi Anak Riau | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Sempena HAN, Inilah 12 Aspirasi Anak Riau

0
Berita Riau -  Sempena HAN, Inilah 12 Aspirasi Anak Riau

Pekanbaru, Riau24.com- Sempena Hari Anak Nasional (HAN), anak-anak Riau menyampaikan 12 aspirasi kepada Pemerintah baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

12 aspirasi tersebut adalah, pertama, meminta pemerintah untuk menuntaskan wajib belajar 12 tahun dan menyekolahkan kembali anak-anak yang putus sekolah dengan beasiswa penuh. Kedua, untuk menjadikan sekolah di seluruh Provinsi Riau sebagai sekolah yg ramah anak.

Ketiga, anak -anak Riau meminta untuk dihilangkan iklan rokok di sekitar lingkungan sekolahnya dan dijauhkan dari orang dewasa yang merokok. Terkait masalah rokok ini, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmah Hijazi melihat hal itu sebagai suatu tanggung jawab yang harus diselesaikan.

"Tadi kita saksikan mereka punya suara anak Riau, mereka punya pesan-pesan dan harapan hidupnya yang kita dengar mereka menyampaikan rekomendasinya supaya iklan-iklan rokok jauh dari lingkungan anak. Kita pemerintah punya tanggung jawab untuk menciptakan kondisi dan lingkungan yang baik bagi anak," ujar Ahmad Hijazi di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru, Kamis (8/9/16).

Kemudian, mereka juga menyampaikan untuk diawasi makanan dan minumannya agar tetap sehat dan bergizi. Keenam, permudah pembuatan akte kelahiran untuk anak-anak ditempat pengasuhan alternatif. Ketujuh, Terbitkan Perda larangan pembelian zat adiktif bagi usia anak, seperti lem, obat-obatan dan lain sebagainya.

Selanjutnya, mereka meminta untuk dihapuskan segala bentuk aksi balapan liar dan berikan sarana yang layak bagi anak-anak riau berekspresi, berkreasi dan berekreasi. Kesembilan, meminta untuk disediakan polisi ramah anak di jam pergi dan pulang sekolah di wilayah rawan kecelakaan. Kesepuluh, Batasi waktu kunjungan di warnet bagi anak.

Kesebelas, Libatkan, dengarkan, penuhi aspirasi dan partisipasi mereka secara penuh dalam proses pembangunan daerah mulai dari tingkat kelurahan kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi dan terakhir meminta dukungan dalam bentuk memfasilitasi mereka agar mampu berkarya dan menjalankan tugas sebagai forum anak.

Menanggapi pesan dan aspirasi dari anak-anak Riau ini, Ahmad
akan mendorong tumbuh kembang anak-anak Riau dengan merealisasikan aspirasi mereka, serta meminta dukungan dan peran semua pihak dari setiap lini dimasyarakat.

"Itu perlu kita dorong. Oleh sebab itu mari kita bersama-samz menciptakan hubungan terhadap perkembangan anak yang sehat, cerdas, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia," tutupnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru