riau24 Bersihkan Drainase dan Sampah, Lurah Ratu Sima Kerahkan Alat Berat | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Hindari Bencana Banjir

Bersihkan Drainase dan Sampah, Lurah Ratu Sima Kerahkan Alat Berat

0
Bersihkan Drainase dan Sampah, Lurah Ratu Sima Kerahkan Alat Berat
Berita Riau -  Bersihkan Drainase dan Sampah, Lurah Ratu Sima Kerahkan Alat Berat

Dumai, Riau24.com - Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di daerah rawan banjir yang berada di Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan tepatnya di Jalan Sungai Teras RT 07, Lurah Ratu Sima melaksanakan Gotong Royong (Goro).

Baca Juga :
Parit Drainase Macet dan Sampah Menumpuk Jadi Penyebab Banjir di Pekanbaru

Kegiatan gotong royong yang digelar pada Kamis (07/09) turut dihadiri Camat Dumai Selatan Dra Yusmanidar, Kapolsek Dumai Barat Kompol Sasli Rais, Sekcam Dumai Selatan Zulfahmi, Lurah Ratu Sima Fachruddimas, Sekel Ratu Sima Jeki, LPMK Ratu Sima Rahemi dan para mahasiswa Kukerta UNRI.

Pantauan dilapangan, goro yang dilaksanakan tidak seperti biasanya, pasalnya dalam kegiatan goro yang dimulai pada pukul 08.00 WIB juga mengerahkan satu unit alat berat untuk menggali saluran drainase yang telah mengalami pendangkalan.

Selain membersihkan saluran drainase di Jalan Sungai Teras, Lurah Ratu Sima juga membersihkan sampah yang telah menumpuk dan berserakan yang berada di Jalan Sidorejo ujung.

"Goro yang kita laksanakan pada Kamis ini, kita pusatkan pada dua lokasi. Pertama di Jalan Sungai Teras yakni goro untuk membersihkan drainase yang telah mengalami pendangkalan dan lokasi kedua di Jalan Sidorejo yakni goro membersihkan sampah yang telah menumpuk dan berserak," ujar Lurah Ratu Sima Fachruddimas.

Dengan dilaksanakannya goro ini, Dimas sapaan akrab Lurah Ratu Sima berharap, jika hujan datang air bisa lancar mengalir, sehingga banjir dapat ditanggulangi. Dan masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya kebersihan di daerahnya masing - masing.

" Ya, kita mohon dengan sangat kepada masyarakat yang berada di Kelurahan Ratu Sima untuk dapat bersama menjaga kebersihan di wilayahnya masing - masing. Jangan membuang sampah sembarangan. Karena, kalau daerah kita bersih tentu kita nyaman, tapi jika daerah kita kotor tentu kita juga yang rugi," pesannya.

Sementara, Camat Dumai Selatan Dra Yusmanidar sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh kelurahan ratu sima.

"Kalau bisa pelaksanaan goro ini rutin dilaksanakan minimal satu bulan sekali dan digilir lokasinya. Artinya, setiap bulan bisa dilaksanakan goro di satu RT," harap Camat.


Baca Juga :
Seorang Mahasiswa Rohul Jadi Korban Banjir Bandang di Sibolangit Sumut

Sedangkan menurut, Kapolsek Dumai Barat Kompol Sasli Rais menyebutkan, bahwa Jalan Sungai Teras ini memang daerah rawan banjir, jadi sangat bagus jika kegiatan goro ini rutin dilaksanakan, agar saluran drainase disini bisa membuang air secara lancar.

"Banyak saluran air tersumbat sehingga terjadi pendangkalan, makanya di bersihkan. Dan saat ini kita membersihkan saluran induknya," ujar Kapolsek.

Hingga siang tadi, goro masih berlangsung di Jalan Sidorejo ujung. Dimana, tumpukan sampah yang telah menggunung tersebut secara perlahan dibersihkan menggunakan alat berat.



R24/dik 

 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru