riau24 Asman Abnur: Pertumbuhan ASN Itu Tidak Lagi Positif, Pertumbuhannya Negatif | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pekanbaru

Asman Abnur: Pertumbuhan ASN Itu Tidak Lagi Positif, Pertumbuhannya Negatif

0
Berita Riau -  Asman Abnur: Pertumbuhan ASN Itu Tidak Lagi Positif, Pertumbuhannya Negatif

Pekanbaru, Riau24.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Asman Abnur menyebutkan, pertumbuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini tidak lagi positif, melainkan negatif.

Pasalnya, menurut Asman Abnur, banyak ASN yang datang ke kantor hanya karena takut dengan absen. "Kan masih banyak ASN yang datang ke kantor karna takut dengan mesin itu loh, mesin yang pakai jempol itu," ujar Asman Abnur di Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Oleh sebab itu, MenPAN RB membuat kebijakan baru dengan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setengah dari jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa pensiun.

"Jadi kita memberikan formasi itu berdasarkan jumlah ASN yang pensiun. Sehingga kalau misalnya ASN yang pensiun tahun ini sekitar 100 ribu, yang saya terima cuma 50 ribu. Artinya dengan sendirinya berkurang," terang Asman Abnur.

Sehingga dengan begitu, ASN yang sifatnya administratif bisa disekolahkan ke Pendidikan Vokasional. "Penyekolahan ini nantinya memberikan keahlian pada ASN itu. Jadi kalau pegawai negerinya sudah punya kemampuan, dia tidak bingung lagi apa yang mau dikerjakan," sambung Asman.

Dengan kebijakan baru ini diharapkan Asman dapat melatih ASN menjadi pegawai yang inovatif, dimana mampu menciptakan inovasi baru di lingkungan kerjanya. Sehingga tambah Asman, ASN tidak lagi boleh kalah kualitasnya dengan pegawai swasta.

"Sehingga kalau ke kantor bukan takut karena absen, tetapi memang karena pekerjaannya yang numpuk. Kalau dia telat, maka telat juga pekerjaannya, itu yang harus kita ciptakan. Jadi pegawai negeri tidak boleh lagi kalah dengan pegawai swasta," tutup Asman.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru