riau24 Cadangan Devisa Meningkat, Biaya 8 Bulan Impor Masih Sanggup | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Devisa

Cadangan Devisa Meningkat, Biaya 8 Bulan Impor Masih Sanggup

0
Cadangan Devisa Meningkat, Biaya 8 Bulan Impor Masih Sanggup
Berita Riau -  Cadangan Devisa Meningkat, Biaya 8 Bulan Impor Masih Sanggup

JAKARTA, Riau24.com - Posisi cadangan devisa terus mengalami peningkatan. Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa terakumulasi sebesar USD 113,5 miliar per akhir Agustus lalu.

Angka itu lebih tinggi dibanding posisi di penghujung Juli 2016 sejumlah USD 111,4 miliar.

Salah satu otoritas monitor itu mengklaim lonjakan cadev berasal dari penerimaan pajak dan devisa migas, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah dan hasil lelang surat berharga Bank Indonesia (SBBI) valuta asing (Valas).

[Mendekati Idul Adha, Penjualan Perhiasan Menurun]
 

Di mana, penerimaan itu melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo.

”Data ini menunjukkan kalau struktur penerimaan devisa mengalami perkembangan signifikan. Terus mengalami penguatan di tengah upaya pemerintah menggenjot penerimaan negara melalui program pengampunan pajak (tax amnesty),” tutur Direktur Eksekutif Departemen Kosmunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Rabu (7/9).

Tirta melanjutkan, posisi cadev per akhir Agustus 2016 itu amat mampu dan cukup untuk membiayai 8,7 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

[Tidak Ada Pembeli, Harga Cengkih Merosot]
 

Dengan kata lain, masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. ”Posisi keuangan semakin kuat. Ini memberi keyakinan kepada pemerintah,” imbuhnya.

Di samping itu, lanjut Tirta, BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan


R24/gig 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru