riau24 Terjebak Di Kereta Gantung, Turis-Turis Ini Kini Telah Diselamatkan | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Internasional

Terjebak Di Kereta Gantung, Turis-Turis Ini Kini Telah Diselamatkan

0
Terjebak Di Kereta Gantung, Turis-Turis Ini Kini Telah Diselamatkan
Berita Riau -  Terjebak Di Kereta Gantung, Turis-Turis Ini Kini Telah Diselamatkan

Jakarta, Riau24.com - Sebanyak 33 orang yang terjebak di atas kereta gantung di Pegunungan Alpen, Prancis akhirnya bisa diselamatkan. Kabel kereta gantung yang saling terjerat telah diperbaiki dan akhirnya beroperasi kembali.

Dituturkan operator kereta gantung itu, Jumat (9/9/2016), kereta gantung yang berhenti mendadak sejak Kamis (8/9) sore itu, telah kembali menyala. Kereta gantung itu menghubungkan Aiguille du Midi di sisi wilayah Prancis dengan Pointe Helbronner yang ada di perbatasan Italia.

Baca Juga :
Chelsea Olivia Lahirkan Anak Perempuan Pertama Secara Caesar

"Telah beroperasi kembali sekitar 5 menit lalu, kabel terakhir (yang memblokir sistem) telah berhasil diurai," terang CEO Mont-Blanc Company, Mathieu Dechavanne, yang mengelola sistem kereta gantung itu,  sebelum pukul 08.00 waktu setempat.

Dituturkan Dechavanne, bahwa para turis yang semalaman terjebak di atas kereta gantung kini bisa diselamatkan tanpa perlu mengerahkan helikopter. Laporan sebelumnya menyebut 33 orang, termasuk bocah 10 tahun, terjebak di atas kereta gantung yang berhenti mendadak di ketinggian 3.800 meter.

Para turis yang telah diselamatkan, terlihat berada di kafe yang ada di dekat pangkalan kereta gantung di kota Chamonix, Prancis pada Jumat (9/9) pagi. Polisi dan wartawan mengerumuni lokasi tersebut.

Baca Juga :
September Hot Deals di Batiqa Hotel Pekanbaru 

Awalnya ada sekitar 110 orang yang terjebak di dalam kereta gantung sejak Kamis (8/9) sekitar pukul 15.40 waktu setempat. Kereta-kereta gantung yang masing-masing berkapasitas 4 orang itu, berhenti mendadak karena insiden teknis yang belum dijelaskan secara rinci oleh otoritas setempat.

Dalam penjelasan sebelumnya, Dechavanne menyebut sejumlah kabel kereta gantung saling menjerat karena alasan yang tak diketahui, namun diduga dipicu angin kencang. Otoritas setempat memutuskan mengevakuasi korban yang terjebak, setelah teknisi tidak bisa memperbaiki kabel dengan segera.

Sekitar 77 orang berhasil dievakuasi oleh petugas penyelamat, termasuk 48 orang yang diterbangkan dengan helikopter. Sedangkan 30 orang lainnya yang ada di kereta gantung yang paling dekat dengan dataran di bawahnya, berhasil menyelamatkan diri dengan bantuan petugas penyelamat.

Baca Juga :
Budi Gunawan Dilantik Sebagai Kepal BIN Secara Mendadak Sore Ini  

Saat hari semakin malam dan cuaca memburuk, operasi penyelamatan terpaksa dihentikan sementara. Tersisa 33 orang yang masih terjebak di atas kereta gantung. Mereka terpaksa bermalam di atas pegunungan dengan cuaca ekstrem di sekitarnya.

"Kami terus berkomunikasi dengan mereka sepanjang malam, orang-orang itu kedinginan," terang kepala kepolisian setempat, Stephane Bozon saat operasi penyelamatan dimulai kembali pada Jumat (9/9) pagi waktu setempat. Bozon menyebut, tidak ada korban yang mengalami masalah kesehatan usai terjebak semalaman di tengah cuaca ekstrem.



R24/dev 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru