riau24 Ini Hasil Kesepakatan Antara Indonesia Dan Filipina | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kunjungan Presiden Filipina

Ini Hasil Kesepakatan Antara Indonesia Dan Filipina

1
Ini Hasil Kesepakatan Antara Indonesia Dan Filipina
Berita Riau -  Ini Hasil Kesepakatan Antara Indonesia Dan Filipina

Jakarta, Riau24.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memilih Indonesia sebagai tujuan kunjungan kenegaraan pertamanya sejak menjabat pada 30 Juni 2016 lalu. Kunjungan ke Indonesia membincangkan beberapa masalah dan menghasilkan beberapa kesepakatan.

Setidaknya ada 5 kesepakatan hasil kunjungan Presiden Duterte ke Jakarta pada Jumat (9/9/2016) kemarin. Berikut rinciannya berdasarkan keterangan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan penjelasan langsung Duterte.

Baca Juga :
Budi Gunawan Dilantik Sebagai Kepal BIN Secara Mendadak Sore Ini 

1. Penanganan 177 WNI yang haji dari Filipina
Presiden Duterte sudah membantu memulangkan 168 WNI dari total 177 WNI yang berhaji menggunakan paspor Filipina. Masih ada 9 WNI lagi di Manila. Presiden Duterte berkomtimen untuk segera memulangkan mereka ke Indonesia setelah proses adminstrasi selesai. Seperti halnya Indonesa, Filipina juga menyelidiki sindikat haji tersebut. Bagi Indonesia, mereka adalah korban sindikat penipuan.

2. Penanganan sekitar 700 orang WNI yang berhaji dari Filipina
Di luar 177 WNI, ternyata ada sekitar 700 WNI yang sudah lebih dulu lolos terbang ke Arab Saudi untuk berhaji menggunakan paspor Filipina. Dalam pertemuan dengan Jokowi, Presiden berusia 71 tahun itu menyatakan siap membantu sepenuhnya pemulangan sekitar 700 WNI tersebut dengan tentu juga melakukan pendalaman.

"Kita melakukan kerja sama dengan intelijen imigrasi Filipina dan kementerian luar negeri Filipina, dengan prinsip mudah-mudahan saat pemulangan prosesnya akan lebih singkat dari yang dialami 177 orang," kata Menlu Retno.

Baca Juga :
Libur Idul Adha, Lalu Lintas Menuju Puncak Padat

3. Upaya Pembebasan Sandera WNI
Masih ada 9 WNI yang disandera oleh Kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina Selatan. Kepada Jokowi, mantan wali kota Davao itu menyampaikan janjinya membantu pembebasan para WNI secepatnya dan memulangkannya ke Indonesia.

4. Kerja sama keamanan Laut Sulu
Keamanan di Laut Sulu menjadi perhatian setelah terjadi beberapa kali penculikan dan penyanderaan oleh kelompok Abu Sayyaf. Filipina, Indonesia bersama Malaysia sudah meneken deklarasi bersama untuk menjaga keamanan Laut Sulu, melalui patroli bersama dan lainnya. Terkait hal ini, Duterte mengerahkan ribuan tentaranya menyerang wilayah yang dikuasai kelompok Abu Sayyaf.

Baca Juga :
Ada 40 Mahasiswa Indonesia yang Putus Beasiswanya dan Ditampung di KBRI Ankara

5. Izinkan TNI AL Ledakkan Perompak Hingga ke Filipina
Dalam pertemuan dengan komunitas warga Filipina di Indonesia, Presiden Duterte menyatakan sudah memberi izin Indonesia dalam hal TNI AL, untuk mengejar perompak hingga ke dalam perairan Filipina. Duterte mengaku sudah bicara dengan Presiden Jokowi agar langsung meledakkan kapal perompak itu.

"Kali ini kami memperjelas, jika pengejaran dimulai di Indonesia dan berlanjut ke perairan internasional, dan di dalam perairan Filipina, mereka (Indonesia-red) bisa terus mengejar dan meledakkan mereka," tegas Duterte.

"Itu kesepakatannya, meledakkan mereka, itu kata-kata saya dengan (Presiden Joko) Widodo, saya mengatakan, 'Ledakkan mereka'," tegas Duterte.

 

R24/dev

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 18:50 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru