riau24 3 Hektare Lahan Kosong Terbakar di Rumbai | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Karhutla

3 Hektare Lahan Kosong Terbakar di Rumbai

0
Tim Satgas Karhutla saat berada di lokasi kebakaran (Foto: Satgas)
Berita Riau -  3 Hektare Lahan Kosong Terbakar di Rumbai
Pekanbaru, Riau24.com - Seluas 3 hektare lahan kosong di Jalan Nelayan, RT 05/RW 16 Kelurahan Meranti, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru terbakar, Sabtu sore, 10 September 2016. Namun titik api berhasil dipadamkan setelah Satgas Udara mengerahkan satu unit pesawat bom air jenis Air Tracktor. 

Sebanyak 39 personil dari tim darat turut dikerahkan padamkan api terdiri dari Gabinsa, Masyarakat, MPA, Manggala Agni, Polsek, BPBD dan Koramil. 
 
"Api berhasil padam berkat gerak cepat Satgas gabungan," kata Anggota tim udara satuan tugas (Satgas) siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau, Lettu Sherif Yanuardi.
 
Lahan tersebut berupa semak belukar dan diduga kuat sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab. 
 
"Untuk Sementara dugaan terbakar karena di dalam ditemukan bekas tebasan kayu, sementara saksi dari masyarakat masih memberikan keterangan pada tim Gakum Polsek Rumbai," jelasnya. 
 
 
Kebakaran lahan di Pekanbaru memang perlu diwaspadai karena berpotensi mengancam aktivitas penerbangan bandara internasional Sultan Syarif Kasim II. 
 
Kebakaran hutan dan lahan kembali masif terjadi di sejumlah wilayah Riau. Asap sisa kebakaran lahan sempat mengganggu kualitas udara bahkan sampai ke negara tetangga. Meski demikian, bencana asap cepat ditanggulangi tim Satgas. 
 
Saat ini, Satgas telah memiliki sejumlah armada untuk operasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla dari udara. Diantaranya adalah 2 unit MI-8, 1 unit heli MI-171, 1 unit heli Sikorsky, 1 unit heli Bolkow 105, serta dua unit pesawat Air Tractor. Seluruh armada itu dimanfaatkan untuk pengeboman air. Selain itu, Satgas juga menyiapkan satu pesawat Cassa modifikasi cuaca.
 
Armada yang ada itu merupakan pelengkap tim darat Satgas siaga darurat Karhutla Riau. Seluruh komponen Satgas terus bersiaga meski akhir-akhir ini, kondisi Karhutla di Riau cenderung membaik dibanding medio Agustus 2016 lalu. 
 
  
Berdasarkan laporan Satgas, kebakaran lahan yang terjadi hampir merata di Riau sejak Januari hingga kini telah menghanguskan sekitar 3.743 hektare. Polisi telah mentersangkakan 86 orang dalam perkara pembakaran lahan.


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru