riau24 KLHK Himbau Masyarakat Tidak Gunakan Kantong Plastik Konvensional untuk Bungkus Daging Qurban | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

KLHK Himbau Masyarakat Tidak Gunakan Kantong Plastik Konvensional untuk Bungkus Daging Qurban

0
Berita Riau -  KLHK Himbau Masyarakat Tidak Gunakan Kantong Plastik Konvensional untuk Bungkus Daging Qurban
Riau24.com- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau kepada masyarakat berhemat dalam menggunakan kantong plastik untuk pengemasan daging Qurban. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Hendrawati Mintarsih.
 
"Sesuai kebijakan nasional dalam pengelolaan sampah yang dituangkan dalam UU nomor 18/2008, salah satunya adalah melalui kebijakan pengurangan sampah dari sumbernya," jelas Hendrawati dalam keterangan tertulinya.
 
Ia menambahkan, sampah dalam jumlah besar biasa timbul setelah ada kegiatan massal. Sampah itu dapat berupa koran, kertas atau plastik bekas alas solat hari raya keagamaan, salah satunya ialah hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
 
Jelang Idul Adha, Hendrawati mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik konvensional yang sulit terurai tanah dan kantong plastik hitam hasil daur ulang.
 
Sebagai gantinya ia meminta masyarakat untuk mengutamakan penggunaan kertas, kantong kertas atau karton sebagai pembungkus daging. Atau juga dapat menggunakan kantong plastik nonkonvensional yaitu plastik yang mudah terurai.
 
"Kepada masyarakat juga diimbau untuk membawa tempat atau wadah sendiri dari rumah masing-masing. Hal ini untuk mendukung program pengurangan sampah," ucap Hendrawati.
 
Ia juga mengharapkan kepada seluruh penyelenggara solat Idul Adha untuk mengajak para jemaah untuk mengumpulkan alas bekas solat berjamaah. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mengantisipasi timbulan sampah yang lebih banyak.
 
"Juga dapat bekerja sama dengan para pemulung atau bank sampah yang ada di sekitar tempat solat untuk pengelolaan sampahnya," tuturnya.
 
R24/adi

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru