riau24 Memaknai Hari Raya Qurban "Manusia Mulia" Oleh Noviwaldy Jusman | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Hari Raya Idul Adha

Memaknai Hari Raya Qurban "Manusia Mulia" Oleh Noviwaldy Jusman

0
Memaknai Hari Raya Qurban "Manusia Mulia" Oleh Noviwaldy Jusman
Berita Riau -  Memaknai Hari Raya Qurban

Pekanbaru, Riau24.com - Hewan kurban mengamuk dan lepas sering terjadi saat menjelang penyembelihan hewan kurban. Banyak momen penyembelihan sekarang merupakan hal yang biasa diabadikan dalam media sosial.


Menarik dalam akun facebook Onggo IKJ tercatat sebagai pegawai Chevron ini mengunggah hal luar biasa yang menurutnya bisa menjadi pelajaran bagi anak nya bahkan anak anak lainnya.


Di foto Akunnya tampak anaknya menunjuk kearah foto seolah meminta penjelasan. Onggo pun menjelaskan "MANUSIA MULIA".

Sapi akan stress jika berpindah atau dijauhkan dari yang memelihara membuat sapi stres. Ditambah perlakuan saat akan dipotong ungkap Onggo yg mengabadikan setiap momen penyembelihan kurban tersebut.


[Idul Adha, Polda Riau Potong 13 Hewan Kurban di Masjid Mutmainah]

Saya mendapati pemandangan menarik, pagi tadi. Karena beberapa sapi sebelumnya melawan cukup kuat, seorang sahabat mencoba menenangkan seekor sapi yang bahkan sebelumnya sempat lepas dari ikatan. Memberinya minum. Mengusap-usap kepalanya sambil berbicara pelan.

 

Tentu saja sapi tersebut tak paham apa yang dikatakannya. Tapi getaran ketulusan adalah bahasa yang bisa dipahami siapa saja. Dari yang awalnya resah, sapi tersebut menjadi jauh lebih tenang. Hingga kemudian rebah dengan lebih mudah saat akan dipotong. Tulis Onggo IKJ di akunnya

Tentu saja banyak pemotong sapi berpengalaman melakukan hal yang sama. Namun saya merasa perlu mengabadikan momentum ini. Sebagai salah satu pesan sederhana Idul Qurban untuk anak-anak. Bahwa Allah memang menciptakan alam dan segala isinya untuk kesejahteraan manusia. Tapi kemuliaan manusia diukur dari bagaimana dia memperlakukan alam. Termasuk sapi Qurban.


Ketika dicermati foto foto yang dimaksud tampak seperti orang biasa dan ternyata Noviwaldy Jusman Pimpinan DPRD Provinsi Riau. Ketika dikonfirmasi, Dedet begitu dia biada di panggil mengungkapkan bahwa itu merupakan hal yang sudah biasa diblakukankannya, karena beternak meruoakan hobi lainnya.


" Waah itu memang hobi saya. Saya sering kalau stress main main ketempat petani sapi yang pernah saya bantu, sekalian kontrol bantuan. Sapi juga makhluk ciptaan Tuhan yg punya perasaan, rasa takut dan stres. Saya berusaha menenangkan beberapa sapi," katanya.


[Idul Adha, Kapolres Dumai Serahkan 5 Ekor Hewan Kurban Untuk Masyarakat]
 

Ketika ditanya apa yg dilafazkan ke sapi, Dedet mengatakan tak ada suatu yg khusus hanya mencoba berkomunikasi dan menenangkan sekali kali membisikkan dan berdoa agar sapi ini bisa mengikhlaskan dirinya.


Tursimin, warga yang menerima bantuan sapi dari warga perumahan Panorama mengatakan bahwa sosok dedet yang dia kenal dari dulu memang penyayang penyahang hewan ternak, terutama kepada sapi ternak bantuan beliau ke warga, dia wanti wanti agar tak boleh dipotong kecuali sudah beranak 4 kali.


" kami warga Lembah Sari, kita kenal beliau rendah hati tulus tanpa pencitraan mau berkotor kotor bercanda tahun lalu dia mencincang langsung dengan warga," ceritanya.

 


Sementara itu, di akhir tulisannya Onggo memyampaikan Terima kasih untuk pengalaman kecilnya. " mas Dedet (Noviwaldy Jusman dan mas Chairul Asli). terimakasih yang sudah memberikan pengalaman kecil tadi pagi, Walaupun saya rekam diam-diam," tutupnya.

 

R24/adi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru