riau24 Gila, Ternyata Dalang Pembakaran Hutan Itu.... | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kebakaran Hutan

Gila, Ternyata Dalang Pembakaran Hutan Itu....

0
Gila, Ternyata Dalang Pembakaran Hutan Itu....
Berita Riau -  Gila, Ternyata Dalang Pembakaran Hutan Itu....

SITUBONDO, Riau24.com — Puluhan hektar hutan jati di Taman Nasional, Baluran, Jawa Timur terbakar. Penyebab kebakaran diduga ulah orang gila serta pelaku illegal logging yang mengalihkan perhatian petugas.

Kebakaran hutan Taman Nasional Baluran Situbondo, yang terjadi sejak sepekan terakhir membuat petugas gabungan dari Perhutani, BPBD, Pemadam Kebakaran, serta Kepolisian dan TNI kewalahan .

Pada minggu siang hingga sore hari, hutan yang berada di Kecamatan Banyuputih Situbondo itu terus terbakar. Petugas gabungan yang berusaha memadamkan api dibuat bingung, karena saat petugas memadamkan api, tidak lama kemudian kembali terjadi kebakaran di titik lainnya.

[Polisi Sebut Kebakaran Lahan di APSL Berasal Dari Kebun Warga]
 

Terbakarnya Hutan Baluran tersebut, tentunya menggangu jarak pandang pengguna jalan yang melintas di kawasan ini, baik dari arah Banyuwangi dan arah Surabaya.

Abdurrahman Saleh, salah seorang petugas dari Taman Nasional Baluran Situbondo . Lokasi kebakaran hutan tersebut, setiap tahun memang kerap terjadi.

“Akibat cuaca ekstrem pada musim kemarau, api dengan mudah membakar daun jati yang kering,” ujar Saleh.

Penyebab kebakaran hutan, diduga kuat adalah ulah orang gila yang bermain korek api. Selain itu, puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengguna jalan saat melintas di jalur pantura ini.

[PLTBG Rantau Sakti Terbakar, Kementrian ESDM Turun ke Rohul]
 

Tak hanya itu, api juga diduga disebabkan dari ulah pelaku illegal logging yang sengaja membakar untuk mengalihkan perhatian petugas agar dalam aksinya mencuri kayu jati.

Hingga saat ini, petugas gabungan masih bersiaga di Hutan Baluran serta dua unit kendaraan pemadam kebakaran di sekitar kawasan hutan Taman Nasional Baluran Situbondo untuk antisipasi kebakaran susulan.

R24/gig 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru