riau24 Riau Sumbang Titik Panas Terbanyak di Sumatera | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kebakaran Hutan Dan Lahan

Riau Sumbang Titik Panas Terbanyak di Sumatera

2
Kebakaran lahan di Bukit Suligi, Kampar (Foto: Satgas)
Berita Riau -  Riau Sumbang Titik Panas Terbanyak di Sumatera
Pekanbaru, Riau24.com - Satelit Tera dan Aqua memantau 94 titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. Riau menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 27 titik.
 
"Titik panas terpantau pukul 16.00 sore," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin, Rabu, 13 September 2016.
 
Sugarin menjelaskan, titik panas tersebar di delapan provinsi seperti Sumatera Selatan 25 titik, Riau 27 titik, Sumatera Barat 18 titik, Lampung delapan titik, Jambi tujuh titik, Bengkulu empat titik, Bangka Belitung empat titik dan Sumatera Utara satu titik. 
 
Sedangkan untuk di Riau, titik panas masih didominasi wilayah Rokan Hilir sebanyak sebelas titik panas, disusul Pelalawan lima titik, lalu Rokan Hulu empat titik, Kuantan Singingi tiga titik, Indragiri Hulu dua titik, Kampar satu titik dan Meranti satu titik.
 
"Tingkat kepercayaan titik panas menjadi titik api di atas 70 persen atau 14 titik api," tuturnya. 
 
Sugarin menjelaskan, pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi Riau bagian tengah, pesisir timur dan selatan.
 
"temperatur maksimum 31.0 - 34.0 derajat celcius," katanya. 
 
Sementara itu, Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau hingga kini masih terus berjibaku padamkan api kebakaran lahan. Titik api sudah tiga hari melahap lahan seluas 2 hektare di hutan lindung Bukit Suligi, Kampar. Titik api juga kembali membakar lahan gambut di Desa Rimbo Panjang, Kampar. Begitu juga di Rokan Hulu dan Desa Rantau Bais, Rokan Hilir. 
 
Komandan Satgas Udara Marsekal Pertama Henri Alfiandi menyebutkan, pada Selasa, 13 September 2016 ini, tim Satgas Udara mengerahkan lima unit helikopter dalam operasi pengeboman air di sejumlah kabupaten yang terpantau titik api. 


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Desi
Rabu, 14 September 2016 09:13 wib
kongkog je la pak....
Nanda
Rabu, 14 September 2016 09:12 wib
hukum yg harus di tegakkan
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru