riau24 Kebakaran Hutan Bukit Suligi Masih Membara | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kebakaran Hutan Bukit Suligi Masih Membara

0
Asap pekat masih mengepul dari lahan terbakar Bukit Suligi (Foto: Satgas Udara)
Berita Riau -  Kebakaran Hutan Bukit Suligi Masih Membara

Pekanbaru, Riau24.com- Kebakaran hutan dan lahan di kawasan lindung Bukit Suligi, XIII Kota Kampar, Desa Muara Takus, Kampar masih membara. Pantauan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan lewat udara masih terlihat kepulan asap putih sisa kebakaran lahan.

"Bukit Suigi belum padam," kata anggota tim Satgas udara, Mayor Ferry Duwantoro, Rabu, 14 September 2016.

Satgas kembali mengerahkan satu helikopter watrbombing MI-171 memadamkan api di kawasan tersebut.

Kemarin, jajaran Kepolisian Sektor XIII Koto Kampar, melakukan pengecekan titik api yang melumat hutan lindung Bukit Suligi sejak Sabtu, 11 September 2016. Kuat dugaan hutan sengaja dibakar untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit.

Polisi menemukan adanya upaya penumbangan kayu untuk pembersihan lahan. Tampaknya lahan tersebut akan ditanami kelapa sawit. Sebab, di kawasan hutan Bukit Suligi itu tampak sebagian besar sudah beralih fungsi menjadi kebun kelapa sawit.

"Pemilik Lahan belum diketahui karena Bukit Suligi merupakan Kawasan Hutan Lindung," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo.

Menurut Guntur, setelah dilakukan pengecekan di lokasi kebakaran itu, diketahui bahwa area yang terbakar sebenarnya tidak masuk wilayah XIII Koto Kampar, Desa Candi Muara Takus, Kampar. Melainkan sudah masuk kawasan Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya Desa Aliantan, Kecamatan Kabun. Untuk menjangkau lokasi kebakaran terbilang sulit. Hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, terlebih Bukit Suligi tingginya mencapai 1 Kilometer dan cukup curam.

Selain di Bukit Suligi, hari ini, Rabu, 14 September 2016 helikopter waterbombing juga beroperasi di sejumlah daerah yang memiliki titik api seperti di Desa Dayo, Kecamatan Tandun, Rokan Hulu, satu unit heli MI-8. Kemudian Sikorsky S61 di wilayah Desa Sungai Pinang, Kecamatan Pujud, Rokan Hilir dan Heli MI-8 di Rantau Bais, Rokan Hilir.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru