riau24 Ekonomi Semakin Sulit, Jumlah Hewan Qurban di Kuansing Turun Drastis | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Hari Raya Idul Adha

Ekonomi Semakin Sulit, Jumlah Hewan Qurban di Kuansing Turun Drastis

0
Ekonomi Semakin Sulit, Jumlah Hewan Qurban di Kuansing Turun Drastis
Berita Riau -  Ekonomi Semakin Sulit, Jumlah Hewan Qurban di Kuansing Turun Drastis
Kuansing, Riau24.com – Pemotongan hewan qurban di kabupaten Kuantan Singingi tahun 2016 (1437 Hijriah) ini mengalami penurunan sekitar 468 ekor. Padahal tahun lalu pencapaian jumlah hewan kurban yang dipotong sekitar 2.270 ekor. Sementara pada tahun ini hanya 1.802 ekor.


Baca Juga :
Dihantam Mobil Sepasang Ibu Dan Anak Meninggal di Tempat


Hal ini diketahui dari data Dinas Peternakan Kuantan Singingi. Untuk hewan qurban kerbau tahun ini sebanyak 213 ekor dan tahun lalu mencapai 339 ekor, sementara untuk qurban sapi sebanyak 1.308 ekor dan tahun lalu mencapai  1.643 ekor, sedangan kambing tahun ini sebanyak 281 ekor, tahun lalu mencapai 288 ekor.

”Tahun ini pemotongan hewan qurban sangat jauh berkurang, dimana tahun 2015 lalu (1436 H) jumlah hewan kurban, baik kerbau, sapi dan kambing mencapai 2.270 ekor. Namun tahun ini hanya 1.802 ekor. Sehingga terjadi pengurangan sekitar 21 persen,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Kuantan Singingi,Marhumala Pontas, SP ketika dihubungi
Riau24.com.

Baca Juga :
PLTBg Rantau Sakti Terbakar, Ribuan Pelanggan Dapat Penerangan Terbatas

Ketika ditanya apa penyebabnya, Pontas sendiri tidak bisa menjelaskan terjadinya pengurangan tersebut. Karena hal itu menyangkut kemampuan dan keinginan warga untuk berqurban. Pihaknya hanya mengantisipasi permintaan hewan ternak qurban, agar dapat tercapai sesuai kebutuhan.

“Kita selalu memeriksa kesehatan hewan qurban, agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat, kalau ada yang terserang penyakit, maka kita sarankan tidak dibagikan atau tidak dikurban,” paparnya.


R24/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru