riau24 Sektor Migas Melempem, Sektor Ini Yang Gencar Digenjot Bupati Siak | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bupati Siak

Sektor Migas Melempem, Sektor Ini Yang Gencar Digenjot Bupati Siak

0
Sektor Migas Melempem, Sektor Ini Yang Gencar Digenjot Bupati Siak
Berita Riau -  Sektor Migas Melempem, Sektor Ini Yang Gencar Digenjot Bupati Siak

Siak, Riau24.com - Bupati Siak Syamsuar menyadari masa depan dunia industri saat ini ada di sektor pariwisata.
Oleh karena itu, orang nomor satu di Negeri Istana ini tidak pernah lupa mempromosikan Siak sebagai destinasi wisata Sumatra bila berkunjung ke daerah di luar Siak.

Gencarnya promosi yang dilakukan oleh Bupati Siak ini karena ia melihat kondisi industri migas yang semakin "melempem" dan tidak bisa dijadikan pohon uang lagi. 

Baca Juga :
Malu Beli Kondom, Pasangan Muda Nekad Jadikan Plastik Sebagai 'Pengaman' 
 

"Kita tak bisa menghandalkan migas terus, karena kondisinya untuk saat ini sudah tak menjanjikan lagi," kata Syamsuar. 

Ia juga menyinggung terkait pengembangan wisata ini seperti karya seorang penulis besar Futurolog Alvin Toffler yang terkenal dengan buku Future Shock.  Penulis ini meluncurkan karya-karyanya yang mengupas mengenai revolusi digital, revolusi komunikasi, dan singularitas teknologi, yang tidak banyak bertentangan.

"Di abad ke-21 ini merupakan era industri kreatif. Dan sektor pariwisata masuk dalam kategori industri kreatif. Untuk program kedepan, industri pariwisata yang didukung oleh industri kreatif memiliki commercial value, akan menjadi primadona", ujarnya.

Lalu jelas Syam, dalam konteks ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam memajukan sektor pariwisata. Tidak hanya memanfaatkan objek yang ada, melainkan juga penambahan, serta menggiatkan event-event untuk menarik wisatawan.

"Pariwisata saat ini telah dimasukkan sebagai core bisnisnya negara," ujarnya.


Baca Juga :
Dihantam Mobil Sepasang Ibu Dan Anak Meninggal di Tempat

Bupati Siak juga menambahkan, dari data perolehan devisa Indonesia menurut lapangan usaha, jenis komoditas Minyak dan Gas Bumi cenderung turun drastis. Pada tahun 2013 menghasilkan USD 32,6 M, tahun 2014 turun menjadi USD 30,3 M, dan tahun 2015 turun hingga diangka USD 18,9 M.

Dalam hal ini, Bupati Siak tidak menampik bahwa industri pariwisata yang paling memberi harapan untuk masa depan negeri ini. Karena itu tidak salah, jika menempatkan pariwisata sebagai core business.

Pariwisata juga sebagai penyumbang PDB, devisa dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah. Soal PDB, pariwisata menyumbangkan 10 persen PDB Nasional, dengan nominal tertinggi di ASEAN.

PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8 persen dengan trend naik sampai 6,9 persen, jauh lebih tinggi daripada industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pertambangan.   

"Secara nasional, devisa pariwisata 1 juta dolar AS, menghasilkan PDB 1,7 juta dolar AS atau 170 persen, tertinggi dibanding industri lainnya," ujar Syam.

Soal devisa, pariwisata sudah nomor 4 penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3 persen dibandingkan industri lainnya. Pertumbuhan penerimaan devisa pariwisata tertinggi, yaitu 13 persen. Hal ini dapat kita bandingkan dengan dunia industri minyak gas bumi, batubara, dan minyak kelapa sawit yang pertumbuhannya negatif. 


Baca Juga :
Antisipasi Virus Zika, Diskes Pekanbaru Segera Surati Travel Wisata

Begitu juga dengan sektor ketenagakerjaan, pariwisata yang menyumbangkan 9,8 juta lapangan pekerjaan, atau sebesar 8,4 persen secara nasional dan menempati urutan ke-4 dari seluruh sektor industri.

Dalam penciptaan lapangan kerja, sektor pariwisata tumbuh 30 persen dalam waktu 5 tahun. Pariwisata pencipta lapangan kerja termurah yaitu dengan 5.000 dolar AS dalam satu pekerjaaan, dibanding rata-rata industri lainnya sebesar 100.000 dolar AS per satu pekerjaan.

"Inilah penyebabnya, Pemkab Siak terus gencar memajukan sektor pariwisata. Karena, hasil dan dampaknya sudah jelas," kata dia.

Bupati Siak Syamsuar juga optimis, pariwisata Siak dapat lebih maju kedepannya. Karena pemerintah telah melengkapi dan membangun obyek-obyek dan pergelaran event yang menarik wisatawan untuk datang ke Siak.




R24/lin 

 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru