riau24 Anggaran Terbatas Sebabkan Diskes Rohul Kesulitan Atasi Limbah Medis | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Fasilitas Diskes

Anggaran Terbatas Sebabkan Diskes Rohul Kesulitan Atasi Limbah Medis

0
Anggaran Terbatas Sebabkan Diskes Rohul Kesulitan Atasi Limbah Medis
Berita Riau -  Anggaran Terbatas Sebabkan Diskes Rohul Kesulitan Atasi Limbah Medis
Rohul, Riau24.com - Masalah utama terkait belum disediakannya alat pemusnah limbah medis (Incinerator) di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) karena keterbatasan anggaran.
 
"Kami sudah usulkan pengadaan incinerator untuk RSUD dan Puskesmas tetapi di coret Bappeda Rohul karena anggara terbatas. Saat ini anggaran lebih diutamakan untuk pembangunan infrastruktur," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul melalui Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dr Bambang Triono, Rabu (14/9/16).

Baca Juga :
DPRD Riau Terkejut Ditemukan Alat Isap Sabu Oleh Polisi di Ruang Kontrol AC
 
Diakuinya, untuk pembuangan limbah medis maupun non medis, ada beberapa puskesmas di Rohul bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Awalbross ujung batu dan juga RSUD Rohul.
 
"Kalau di daerah terpencil, ada puskesmas buat pembakaran sendiri dan hanya puskesmas di Kecamatan Ujungbatu yang memiliki incinerator,"sebutnya.
 
Dijelaskannya, incinerator bukan solusi akhir dari pemusnahan limbah. Karena dari banyaknya limbah, ada limbah medis  yang tidak bisa dilebur dan itu perlu penanganan khusus.
 
"Limbah medis yang tak lebur dibakar, harus ada bantuan dari pihak ketiga yang bertuga untuk mengangkut dan membuang ke tempat yang jauh dari pemukiman. Kalau limbah medis seperti jarum suntik dibakar sembarangan bisa menularkan penyakit. Apalagi kita juga ada menemukan limbah medis maupun non medis yang dibuang ke parit. Kita takutkan hal ini akan menyebabkan penularan penyakit," bebernya.
Dikatakannya, Dinkes Rohul tetap melakukan pengawasan terhadap pembuangan limbah medis maupun non medis.
 
"Satu incinerator Rp.150 juta untuk puskesmas, sementara untuk Rumah Sakit lebih mahal lagi sehingga membutuhkan anggaran besar. Masalah limbah ini bukan hanya jadi persoalan Dinkes saja untuk menyelesaikan. Namun juga terkait ke banyak pihak, seperti BLH maupun Bappeda. Dan usulan untuk penanganan limbah pun kita ajukan terus ke dewan, tapi belum terpenuhi," tutupnya.




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru