riau24 Kekosongan Kursi Jabatan Wagubri Tidak Menyalahi UU | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pekanbaru

Kekosongan Kursi Jabatan Wagubri Tidak Menyalahi UU

0
Berita Riau -  Kekosongan Kursi Jabatan Wagubri Tidak Menyalahi UU

Pekanbaru, Riau24.com- Kekosongan kursi jabatan Wakil Gubernur Provinsi Riau yang telah berlangsung cukup lama dinilai Mexsasai Indra, pakar hukum tata negara, tidak melanggar undang-undang yang berlaku.

Sebab berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota tidak mengatur batasan waktu untuk pengisian jabatan wakil gubernur.

"Batasan waktu untuk pengisian jabatan wakil gubernur itu memang tidak ada. Jadi ada kekosongan norma," ujar Mexsasai saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (15/9/16).

Dikatakan Mexsasai, ada atau tidaknya wakil gubernur disuatu roda pemerintahan tergantung dari political will (kemauan politik, Red) masing-masing pimpinan suatu daerah khususnya Riau yang dalan hal ini Arsyadjuliandi Rachman.

"Tergantung pada political will dari Gubernur Riau sebagai ketua DPD partai golkar yang mengusung pak Anas dengan beliau," terang Mexsasai di Pekanbaru.

Mexsasai menambahkan, oleh karena peraturan pemerintah di dalam UU Nomor 8 tahun 2015 belum terbentuk, maka mekanisme pemilihan wakil gubernur berada di bawah persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru