riau24 Kerugian Atas Kekosongan Jabatan Wagubri Berada Di gubernurnya Sendiri | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Kerugian Atas Kekosongan Jabatan Wagubri Berada Di gubernurnya Sendiri

0
Berita Riau -  Kerugian Atas Kekosongan Jabatan Wagubri Berada Di gubernurnya Sendiri

Pekanbaru, Riau24.com- Pakar hukum tata Negara, Mexsasai Indra mengatakan, kerugian atas kosongnya jabatan Wakil Gubernur Riau terletak pada Gubernurnya sendiri karena tugas yang layaknya diemban dua orang hanya dibebankan pada 1 orang saja yang dalam hal ini Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman.

"Sebenarnya di undang-undang telah diatur secara rinci kewenangan wakil gubernur dalam kaitan membantu tugas dari gubernur. Jadi ketika tidak ada wakil gubernur, kerugian yang ada ya di gubernurnya sendiri," tutur Mexsasai Indra yang juga dosen disalah satu universitas di Riau, Kamis (15/9/16).

Sebab, luasnya teritorial Riau dijelaskan Mexsasai, memerlukan perhatian dan komitmen dari Pemerintah provinsi Riau untuk memberlakukan akselerasi pembangunan secara cepat. "Oleh karena itu memang agak terkesan repot kalau posisi itu hanya diurus oleh satu gubernur," sambung Mexsasai.

Ditambah pula persoalan yang harus diselesaikan pada periode ini cukup banyak. "Kayak RTRW yang belum selesai, kemudian serapan anggaran lambat, tidak maksimal karena situasi kondisi seperti ini kan kalau ada wakil yang sejalan dengan pak Gubri kan bisa membantu tugas-tugas beliau sebagai gubernur," tambahnya.

Namun menurut Mexsasai, Gubri yang mengerti kondisi, situasi dan pola pemerintahan jelas sudah memperhitungkan keberadaan wakil gubernur di roda pemerintahan yang sedang diembannya.

"Namun boleh jadi dia berpikir dengan adanya asisten dan sekda yang mendampingi susah mencukupi, tidak perlu lagi ditambah dengan wakil gubernur. Boleh jadi juga berkaitan dengan hitung-hitungan dan strategi politik beliau untuk periode kedua," tutup Mexsasai.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru