riau24 Siapa Vanesha? Atlet Riau Peraih Medali Emas dan Rekor Nasional | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Siapa Vanesha? Atlet Riau Peraih Medali Emas dan Rekor Nasional

0
Ketua KONI Riau menyerahkan medali emas kepada Vanesha (Foto: Istimewa)
Berita Riau -  Siapa Vanesha? Atlet Riau Peraih Medali Emas dan Rekor Nasional
Pekanbaru, Riau24.com - Perolehan satu emas dari cabang renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, Jawa Barat merupakan awal yang bagus buat Riau. Medali emas disumbangkan perenang muda Vanesha Prisilia Evato di nomor 100 meter gaya dada putri. Siapa Vanesha? 
 
Perenang 19 tahun ini merupakan cucu dari mantan Gubernur Riau, almarhum Subrantas.
 
"Ini namanya saja bule, tapi orang kita. Dia merupakan cucu dari almarhum bapak Subrantas, mantan gubernur kita," kata Ketua Umum KONI Riau Emrizal Pakis, Kamis, 16 September 2016. 
 
Vanesha sukses menjadi yang tercepat pada cabor renang hari pertama, nomor 100 meter gaya dada putri dengan torehan waktu 1 menit 11,89 detik. Unggul tipis dari perenang Bali Eva Lina dengan catatan waktu 11,99 detik. Diposisi tiga diraih perenang Jawa Tengah Margareta Kretapradani dengan catatan waktu 1 menit 12, 44 detik.
 
Bukan hanya emas, perenang asal Riau   dengan sapaan Anandia Treciel Vannesae Eva ini, sukses memecahkan rekor nasional dan PON saat turun di nomor 100 meter gaya dada putri. Selain meraih medali emas, Anandia pun berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 11,89 detik.
 
Rekor itu terbilang sangat berharga baginya. Musababnya,  ia mampu menghapus rekor nasional sebelumnya yang bercokol sudah hampir 21 tahun. Pemegang rekor nomor 100 meter gaya dada putri sebelumnya yakni Rita Mariani dengan catatan waktu 1 menit, 11,96 detik saat berlaga di Jakarta, pada 1997 silam.
 
Vanesha juga berhasil memperbaiki catatan waktu PON atas nama Margareta Kretapradani yang diciptakan pada PON Riau 4 tahun lalu. Catatan waktu Margareta saat itu adalah 1 menit 13,65 detik. 
 
Dikatakan Emrizal, atlet Riau masih berjuang untuk memperoleh medali emas dari cabor lainnya.
 
"Medali emas ini 1 dari 8 jenis perlombaan dari cabang renang yang kita ikuti. Jadi untuk mendapatkan medali emas kita masih berjuanglah ya, InsyaAllah ada tambahan," kata Emrizal.
 
Iapun berharap, medali emas ini bisa menjadi motivasi untuk atlet lainnya, karena jalannya perlombaan di PON ini masih panjang.
 
 "Masih ada sekitar 14 hari lagi. Kita berharap atlet kita tetap semangat dan ini kita jadikan sebagai motivasi karena di depan kita banyak tantangan," sambungnya.
 
Selain itu, satu medali perak juga disumbangkan oleh perenang Riau lainnya melalui atlet muda berusia 14 tahun Azzahra Permatahani di nomor 200 Meter Gaya Ganti Perorangan Putri.
 
Azzahra finish diurutan kedua dengan torehan waktu 2 menit 21,72 detik, setelah perenang Jawa Timur Ressa Kania Dewi yang sukses juara dengan torehan waktu 2 menit 19,12 detik.

R24/Ntg

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru