riau24 Soal Ganti Rugi lahan Tol, Masperi: Pemprov Hanya Fasilitasi | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pekanbaru

Soal Ganti Rugi lahan Tol, Masperi: Pemprov Hanya Fasilitasi

0
Berita Riau -  Soal Ganti Rugi lahan Tol, Masperi: Pemprov Hanya Fasilitasi

Pekanbaru, Riau24.com- Masperi selaku Asisten II setdaprov Riau bidang ekonomi dan pembangunan sebut jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hanya bertugas memfasilitasi.

Hal ini menyusul permintaan PT Hutama Karya agar Pemprov Riau menyegerakan proses pembebasan lahan yang saat ini tengah berlangsung.

"Jadi saat hutama karya itu datang ke pemprov, bukan pemprov yang membayar karena ini proyeknya APBN, proyek nasional. Kita hanya fasilitasi," ujar Masperi yang dihubungi melalui saluran telepon, Senin (19/9/16).

Lebih lanjut dikatakan, proses ganti rugi dibayarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Jadi bukan pemprov yang mengganti ruginya," sambung Masperi pada Riau24.com.

Sedangkan untuk berkas ganti rugi lahan tersebut telah dikiriman ke pengadilan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru. "Tentu pengadilan akan sidang nanti, kita sedang menunggu jadwal sidang dari pengadilan," imbuhnya.

Menurut jadwal, sidang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang. "Menurut jadwal sekitar 12 oktober sidangnya. Untuk itu kan kita mohon dipercepat. Kalau bisa cepat selesaikan tuntas ini kan bisa mulai kerja PT. Hutama Karya itu," pungkasnya.

Masperi menambahkan, pembebasan lahan yang prosesnya di titipkan ke pengadilan adalah lahan sepanjang 2,8 km di Kota Pekanbaru dimana terdapat 7 persil yang pemilik lahan tidak menerima harga yang telah ditetapkan oleh tim appraisal (penaksir, red).

"Maka berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terhadap 7 persil itu bisa kita titipkan di pengadilan untuk dieksekusi," tambahnya.

Sementara, untuk sesi 2 sepanjang 7,2 km dalam proses pengukuran dan menunggu pengumuman uji publik.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru