riau24 Bupati HM Wardan : Ayo Wujudkan Indonesia Bebas Pasung 2017 | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Bebas Pasung

Bupati HM Wardan : Ayo Wujudkan Indonesia Bebas Pasung 2017

1
Bupati HM Wardan : Ayo Wujudkan Indonesia Bebas Pasung 2017
Berita Riau -  Bupati HM Wardan : Ayo Wujudkan Indonesia Bebas Pasung 2017

Inhil, Riau24.com - Mewujudkan Indonesia Bebas Pasung ditahun 2017, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan menggelar rapat koordinasi lintas sektor, Senin (19/9/2016).

Bupati HM Wardan dalam sambutannya menyampaikan, stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih banyak ditemui di masyarakat, sehingga mengakibatkan mereka merasa malu dan ragu untuk meminta bantuan dan menjalani perawatan.

Baca Juga :
Berserakan Pakaian Dalam, Sekda Riau Minta Pemko Serius Mengawasi

"Karena itu menghapus stigma menjadi salah satu strategi untuk mengatasi dan mencegah gangguan jiwa. Meski memang untuk masyarakat perkotaan kesadaran akan kesehatan jiwa sudah mulai terasa, sudah mulai tahu ketika merasa ada masalah dengan kejiwaannya, perlu segera dilakukan pemeriksaan serta tindakan," ujar Wardan.

Tidak hanya itu lanjutnya, dilingkungan masyarakat tidak jarang ODGJ diperlakukan kurang manusiawi oleh anggota keluarganya dan masyarakat dengan cara dikurung ataupun dipasung, hal ini disebabkan karena keluarga khawatir ODGJ dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Baca Juga :
Murid SD Curi Motor, Jawabannya Santai Banget 

"Hal inilah yang secara bertahap akan kita hapuskan, karena pemasungan termasuk penelantaran dan tidak boleh terjadi, karena bertentangan dengan rasa kemanusiaan dan merupakan pelanggaran berat HAM," ungkap Bupati HM Wardan.

Apalagi saat ini di Inhil, dikatakan Bupati HM Wardan jumlah temuan ODGJ mengalami peningkatan yaitu tahun 2014 berjumlah 312 orang, tahun 2015 berjumlah 460 orang. Berdasarkan pendataan terbaru yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil , jumlah itu meningkat menjadi 674 orang hingga September 2016. Peningkatan penderita sakit jiwa ini terjadi hampir di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Inhil.

Baca Juga :
Innalillahi, Bayi Dua Kepala Itu Meninggal 

Karena itu, sesuai dengan Deklarasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2010, HM Wardan mengajak seluruh Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Indonesia bebas pasung lebih cepat dari target Nasional yakni tahun 2019.

"Kepada masyarakat yang keluarganya masih dipasung, diharapkan juga kerjasamanya agar penderita mendapatkan penanganan, baik pengobatan, perawatan, maupun rujukan ke Rumah Sakit yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah," harapnya.



R24/dev/rgo 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nanda
Senin, 19 September 2016 15:39 wib
Iya nih, masyarakat Indonesia banyak bgt yg pasung org gangguan jiwa atau yg udah pikun. Tolong dong pemerintah kasih tindakan, kan masih ada panti jompo atau RS jiwa. ini kan pelanggaran HAM
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru