riau24 Calon Kades Rohul Dapat Berasal Dari Daerah Lain | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pilkada Rohul

Calon Kades Rohul Dapat Berasal Dari Daerah Lain

0
Calon Kades Rohul Dapat Berasal Dari Daerah Lain
Berita Riau -  Calon Kades Rohul Dapat Berasal Dari Daerah Lain
Rohul, Riau24.com -  Setelah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak oleh Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) pada Juli lalu, kini pemerintah Rohul bersiap melaksanakan Pilkades serentak. 

Baca Juga :
Tim Penertiban Pasar Akan Berada Di Lokasi Hingga Pedagang Sadar 
 
Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa ‎(BPMPD) Prasetyo mengungkapkan ada perbedaan pelaksanaan Pilkades serentak untuk tahun 2016  ini.
 
Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi ‎(MK) Nomor 128/PUU-XIII/2015, yakni menghapus aturan syarat dan calon kepala desa pasal 33 huruf G UU No 6 tahun 2014 tentang calon Kedes yang bisa diikuti oleh semua orang. 
 
"Dengan adanya putusan MK tersebut, calon kepala desa tidak hanya orang yang berdomisili di desa tersebut saja yang bisa mencalon. Namun calon juga bisa dari daerah lain. Sebagai contoh, dari Kalimantan pun dia bisa mencalonkan diri di suatu desa di Rohul kalau dia sanggup," Katanya, Senin (19/9).
 
Ia menambahkan, peraturan sebelumnya calon kepala desa harus yang berdomisili di desa tersebut paling tidak 1 tahun lamanya, ‎namun saat ini semua bisa mencalonkan diri menjadi kades jika ia mampu dan sanggup. 
‎Prasetyo menjelaskan, saat ini semua panitia yang telah dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sudah menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Desa (Pikades). 
 
‎Dimana, acuan dari DPS tersebut sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Rohul pada Desember 2015 ‎lalu. 
 
Diperkirakan proses Pilkades gelombang pertama akan diikuti oleh 70 desa se-Kabupaten Rohul. Rencananya Pilkades  akan dilaksanakan pada akhir November atau awal Desember.
 



R24/ags
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru