riau24 Dari 2800 ha Lahan Cetak Sawah, Riau Hanya Mampu Jalankan 900 ha | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pekanbaru

Dari 2800 ha Lahan Cetak Sawah, Riau Hanya Mampu Jalankan 900 ha

0
Berita Riau -  Dari 2800 ha Lahan Cetak Sawah, Riau Hanya Mampu Jalankan 900 ha

Pekanbaru, Riau24.com- Dari total awal sebesar 2800 ha lahan untuk program cetak sawah di Riau oleh Kementerian Pertanian RI yaitu 1400 ha di Kepulauan Meranti, 800 ha di Indragiri Hulu dan 100 ha diantaranya untuk Siak, hanya mampu terserap sekitar 900 ha lahan yang dijalankan di Kepulauan Meranti.

"Kemampuan Riau itu terserap sekitar 900 ha yang tercetak dari masing-masing pembagiannya unruk beberapa daerah di Riau, namun yang clear lanjut ke proses pekerjaan itu di meranti," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Patrianov, Rabu (21/9/16).

Terkendalanya beberapa lokasi tersebut dikarenakan lahan yang tidak clear and clean. Clean and clear sendiri berarti lahan yang dipergunakan untuk program cetak sawah ini berstatus jelas dan tidak termasuk kawasan hutan.

"Teman-teman sudah berupaya maksimal tetapi ketika sudah di overlay antara koordinat sawah yang diusulkan dengan order Kawasan itu kena. Makanya kita gak berani, daripada bermasalah karena statusnya harus ditingkatkan ke clear and clean," terang Patrianov kepada Riau24.com.

Sehingga jelasnya, anggaran yang tersedia akan diserahkan kembali ke Pemerintah Pusat. "Anggarannya ada, tetapi karena kita tidak bisa, kita serahkan ke pusat," pungkasnya.

Sementara untuk program di Kepulauan Meranti sendiri, saat ini baru selesai secara fisiknya, sedangkan penanaman belum dilakukan karena menunggu kesepakatan Pangdam dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. "Tetapi diharapkan akhir tahun akan dilaksanakan tanam Perdana," tandasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru