riau24 Biar Sehat, Jamaah Asal Riau Minum Air Kencing Unta | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pekanbaru

Biar Sehat, Jamaah Asal Riau Minum Air Kencing Unta

0
Biar Sehat, Jamaah Asal Riau Minum Air Kencing Unta
Berita Riau -  Biar Sehat, Jamaah Asal Riau Minum Air Kencing Unta

Pekanbaru, Riau24.com - Beberapa hari yang lalu, Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau menyebutkan, berdasarkan laporan dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Riau, ada salah seorang jamaah haji asal Riau yang meminum air kencing unta.

"Jadi saya dapat informasi dari TKHI bahwa salah satu jamaah kita minum air kencing unta. Nah ini kan bahaya, berarti sosialisasi yang kita lakukan selama ini belum banyak sampai ke jamaah. Kita sudah minta untuk menghindari kontak dengan onta tetapi ternyata masih ada," ujar Kepala Dinkes Provinsi Riau, Andra Sjafril di Pekanbaru.

Kekhawatiran ini disebabkan oleh merebaknya penyakit MERS-CoV yang dimulai dari beberapa tahun lalu di Negara Arab Saudi. MERS-CoV sendiri disebabkan oleh infeksi virus Corona dimana dipercaya peneiti disebarkan dari unta karena ditemukannya antibodi terhadap virus ini di dalam tubuh hewan khas Timur Tengah itu.

Kemudoan, dikatakan Andra, adanya salah seorang jamaah yang meminum air kencing unta dikarenakan ketidak tahuan dari jamaah tersebut. "Katanya alasannya itu karena ingin sehat,"imbuh Andra.

[8 Hari PON, Riau Berada Di Posisi 8]
 

Berdasarkan temuan ini dan dalam rangka mencegah tersebarnya penyakit MERS-CoV ke Indonesia, khususnya Provinsi Riau, Dinkes akan pantau kesehatan jamaah haji selama dua minggu.

"Tentu sepulang haji kita akan pantau dua minggu sama dengan kasus zika. Karena masa inkubasi daripada virus ini," pungkas Andra.

Setelah dikonfirmasi ke Muhammad Aziz selaku Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, ia menegaskan bahwa tidak ada seorangpun jamaah asal Riau yang kedapatan meminum air kencing untuk seperti yang dituturkan Andra.

"Gak ada itu, salah dia itu. Kalau minum susu unta ada, kalau kencingnya gak ada. Apa enaknya kencing, untuk apa itu kencingnya. Gak ada kalau kencing, gak ada," tegas Aziz kepada Riau24.com

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru