riau24 Andra: Paling Banyak Jamaah Haji Derita Heatstroke | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Andra: Paling Banyak Jamaah Haji Derita Heatstroke

0
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Andra Sjafril
Berita Riau -  Andra: Paling Banyak Jamaah Haji Derita Heatstroke

Pekanbaru, Riau24.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Andra Sjafril menyebutkan ada beberapa Jamaah Haji yang sakit ketika menjalankan ibadah haji.

"Jamaah Haji yang berangkat pada tahun ini lebih dari 70 persennya adalah yang berumur di atas 70 tahun sehingga berstatus resiko tinggi dengan penyakit tidak menularnya," ujar Andra di Pekanbaru.

Penyakit tidak menular yang diderita jamah haji adalah diabetes melitus dan kardio vaskuler. Sebab ada jamaah haji tahun ini yang melepuh kakinya akibat diabetes melitus neuropatik sehingga sarafnya tidak bisa merasakan lantai yang begitu panas karena cuaca di atas 40 derajat.

Baca Juga :
Apresiasi Pelayanan Haji, Indonesia Dapat Tambahan Kuota 1 Juta
 

"Jalannya segitu jauh sehingga ketika tiba di penginapan, kaki sudah melepuh dan tidak bisa melaksanakan ibadah haji," ujar Andra.

Selain itu, kata Andra, penyakit yang banyak diderita oleh Jamaah Haji tahun ini selama berada di Negara arab saudi adalah heatstroke (sengatan panas) yaitu kondisi dimana suhu tubuh dapat mencapai lebih dari 40°C atau lebih. Heatstroke dapat disebabkan oleh kenaikan suhu lingkungan, atau aktivitas tinggi yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

Tidak hanya penyakit bawaan, ada jamaah haji yang mengalami patah tulang karena tidak biasa menggunakan eskalator. "Ini persoalan non teknis yang berdampak pada kesehatan," tambahnya.

Berkaca dengan segala kondisi yang dialami oleh Jamaah Haji, Dinkes Riau akan merencanakan program manasik kesehatan. "Kita akan ajarkan hal-hal yang non teknis, bagaimaan menaiki eskalator, bagaimana menggunakan sepatu, bagaimana sesering mungkin minum lalu membuat air larut gula dan garam. Karena gula banyak tetapi garam tidak ada, itu persoalan kemaren. Oralit terbatas," pungkas Andra.


Baca Juga : 
395 Jamaah Haji Tiba Di Bengkalis

 

Sementara menurut Muhammad Aziz selaku Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, tidak seorangpun Jamaah Haji asal Riau yang pulang dalam keadaan sakit. "Sehat semua, alhamdulillah," ujarnya singkat. (***)

 

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru