riau24 Program Prona Terlambat, BPN Rohul Salahkan Masyarakat | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Program Prona Terlambat, BPN Rohul Salahkan Masyarakat

0
Program Prona Terlambat, BPN Rohul Salahkan Masyarakat
Berita Riau -  Program Prona Terlambat, BPN Rohul Salahkan Masyarakat
Rohul, Riau24.com - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2016 ini, telah memprogramkan Proyek Agraria Nasional (Prona) untuk 2.300 persil di 16 kecamatan se-Rohul. Namun dari 2.300 Prona yang diprogramkan baru 93 Persil yang sudah diserahkan sertifikatnya.

Nasrul juga mengatakan, dari 2.300 Persil yang diprogramkan tahun ini baru 1.675 persil yang sudah dientry atau diterima. Sehingga itu akan jauh dari harapan realisasi, selain itu untuk masa prona dilaksanakan batasnya hanya selama setahun.


Baca Juga :
Dipertanyakan Status Tanah Kampus IPDN, Ini Kata BPN Rohil


“Keterlambatan program prona bukan kesalahan dari BPN, melainkan masyarakat itu sendiri karena dari awal tidak mempersiapkan berkas surat seperti Pajak Bumi Bangunan (PBB) termasuk Bea Porolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (PBHTB),” tegasnya.

Sehingga dengan keterlambatan realiasi program Prona tahun 2016 ini, Nasrul menghimbau seluruh masyarakat Rohul yang akan ikut program Prona tahun 2017 mendatang, agar menyiapkan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Selain itu bagi masyarakat yang ikut program Prona, yang dibebankan hanya PBB dan BPHTB sedangkan untuk pengukuran lahan atau anggota yang turun ke lapangan sudah ditanggung negara.


Baca Juga :
BNP Siak Bagikan 2.500 Sertifikat Tanah dan 350 Persil Tanah di Seluruh Siak
 

Kemudian, dari 2.300 Prona saat ini, berkas Prona yang sudah dientry atau diterima BPN jelas Nasrul, ada 1.675 Persil. Berkas Prona yang sudah diukur di lapangan 1.542 prona, sedangkan berkas Prona yang sudah terbit peta bidang 750 Persil.

“Sedangkan untuk berkas Prona yang sudah riktan 582 persil, berkas Prona yang sudah terbit SK hak kepemilikan 191 Persil,  prona yang sudah terbit sertifikatnya 169 Persil, serta berkas prona yang sudah diserahkan sertifikatnya sebanyak 93 Persil,” sebutnya. (***)





R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru