riau24 Tien Mastina: Kita Minta KKP Tambah Personil Keamanan di Perairah Rohil | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pekanbaru

Tien Mastina: Kita Minta KKP Tambah Personil Keamanan di Perairah Rohil

0
Berita Riau -  Tien Mastina: Kita Minta KKP Tambah Personil Keamanan di Perairah Rohil

Pekanbaru, Riau24.com- Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau meminta kantor Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) untuk menambah personil keamanan di Perairan Rokan Hilir (Rohil) sebagai akibat maraknya pencurian ikan oleh nelayan yang berasal dari Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

"Karena garis pantai disana cukup panjang sehingga masih kurang personil yang mengawasi laut," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, Tien Mastika di Pekanbaru, Jumat (23/9/16).

Untuk saat ini, jumlah kapal yang ada hanya tiga buah yaitu milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, KKP dan Bea Cukai yang sekarang berada di Kota Dumai."apakah dengan kondisi saat ini, Satuan Kerja (Satker) KKP akan ditambah. Mengingat cakupan wilayah kerja kini lebih luas bahkan sampai ke Bengkalis," sambungnya Tien.

Dikatakan Tien Mastina, pihaknya beberapa waktu baru kembali dari Rohil untuk meninjau beberapa hal yang menjadi persoalan seperti nelayan Tanjung balai Asahan dan nelayan Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Dibantu Bupati Rohil mengumpulkan nelayan-nelayan yang ada untuk memberikan arahan terkait batas-batas wilayah perairan kita dengan daerah lainnya," terangnya.

Selain itu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) juga telah memberikan peta wilayah perairan hingga negera tetangga. Sehingga nelayan tahu batas wilayah yang bisa mereka ambil hasil lautnya dengan membaca titik kordinat  peta. “Nelayan juga pasti bawa GPS,” tambah Tien.

Namun, yang menjadi keresahan nelayan            Rohil adalah hasil tangkapan yang berkurang karena kapal yang digunakan olehnelayan dari Tanjung Balai Asahan lebih besar dari kapal kecil yang digunakan oleh mereka.  “Pihak yang menerima data itu ada;ah Danlanal dan Satker KKP Panipahan, hasil inilah yang akan diselesaikan sama-sama," tandasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru