riau24 Ritel Besar Menjamur, Ini Komentar Dua Pakar | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Ritel Besar Menjamur, Ini Komentar Dua Pakar

1
Berita Riau -  Ritel Besar Menjamur, Ini Komentar Dua Pakar

Pekanbaru, Riau24.com- Ritel besar yakni Indomaret dan Alfamart mulai menjamur di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyediakan total 300 kuota untuk kedua ritel itu. Pakar ekonomi menyebut hal itu tidak mengganggu usaha masyarakat karena masing-masing memiliki pangsa pasarnya sendiri.


"Sebenarnya mereka kan punya pasar sendiri. Jadi pangsa pasar modern ada, pangsa pasar tradisional ada. Masing-masing pelanggan itu mempunyai kesenangan atau hobi untuk berbelanja dimana. Kalau dari sudut pandang ekonomi, ya masing-masing mereka punya market, punya pelanggannya sendiri," ungkap salah satu Pakar Ekonomi Riau, Prof. Dr. HB. Isyandi, S.E., M.S kepada Riau24.com.


Pakar ekonomi lainnya, Edyanus Herman Halim juga menuturkan hal senada. Menurutnya, adanya ritel-ritel besar tersebut tidak mengganggu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat karena hal itu tergantung pada kemampuan bersaing.


"Tidak mengganggu UMKM, katena dia lain pasarnya kan. Kalau Indomaret dan Alfamart, bagus-bagus tempatnya, terjamin barangnya. Konsumen senang yang seperti itu. UMKM yang mau mati, mati saja dia itu. Karena persaingan ndak mampu, tentu mati dia. Zaman sekarang kan gitu. Siapa yang mampu bersaing, ya hidup. Jadi semua tergantung persaingan," tutur Edy, Pakar Ekonomi Universitas Riau ini.


Isyandi yakin pemerintah sudah melakukan pengaturan terhadap lokasi ritel-ritel tersebut. Biasanya, daerah ritel iti adalah di perkotaan yang membutihkan layanan-layanan dari ritel modern.


Namun adanya temuan beberapa ritel yang tidak berada di jalan protokol, Isyandi menilai hal ini tugas pengawasan dari pemerintah.


"Kalau tidak dibangun di jalan-jalan protokol dan tidak berizin, itu adalah bentuk pengawasan dari pemerintah daerah," sebutnya.


Isyandi mengatakan, dengan adanya ritel-ritel besar itu juga dapat membantu jaringan pemasaran industri di daerah. Sebab, beberapa ritel ini menerima titipan barang dari pengrajin dan industri.


"Ritel-ritel itu kan juga mengajarkan agar bagaimana berbisnis lebih bersih, lebih terjamin, lebih terisistim dan lebih menghormati konsumen," urainya.


Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Riau ini juga menilai, dengan adanya ritel besar tersebut, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pekanbaru.


"Karena semakin banyak ritel, semakin banyak perdagangan, barang dan jasa banyak, pola konsumsi meningkat, produksi meningkat, mutu meningkat dan daya saing meningkat. Kalau daya saing meningkat, bukan hanya daya saing tenaga kerja meningkat tapi juga daya saing bisnis ikut meningkat," tandasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru