riau24 64 Jamaah Haji Asal Kepulauwan Meranti Tiba di Kampung Halaman | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

64 Jamaah Haji Asal Kepulauwan Meranti Tiba di Kampung Halaman

0
Berita Riau -  64 Jamaah Haji Asal Kepulauwan Meranti Tiba di Kampung Halaman
SELATPANJANG, Riau24.com - 64 jamaah haji asal kepulauwan Meranti Sabtu (24/9/16) kemarin selamat sampai di kampung halaman Selatpanjang. Di Masjid Agung Darul Ulum Jalan Siak Sri Indrapura Selatpanjang jamaah langsung disambut ratusan keluarga dan sanak family.

Sebelum tiba dikampung halaman, jamaah terlebih dahulu disambut oleh Bupati H Irwan MSi dan Wakil Bupati H Said Hasyim di Batam Kepulauan Riau, Jumat (23/9/2016).

Ketua rombongan Jamaah Haji Kepulauan Meranti H Joko Surianto, yang merupakan Kepala Dinas Pasar mengatakan, apa yang disampaikan Said Hasyim waktu pelepasan bahwa cuaca ekstrim di Makkah, memang benar adanya. Bahkan, cerita Joko, di sana mereka sempat dilarang untuk keluar karena terlalu berbahaya untuk kesehatan jamaah.

 "Kalau cuaca ekstrim kami dilarang keluar karena terlalu berbahaya. Betul apa yang disampaikan Wakil Bupati kemarin," ujar H Joko dalam sambutannya.

Dalam ceritanya, H Joko mengaku seluruh Jamaah Haji asal Meranti tak bisa melaksanakan salat 5 waktu sehari-hari di Masjidil Haram. Sebab, jaraknya dari penginapan sangat jauh. Namun, jika di Masjid Nabawi Madinah, sangat sering dilakukan karena jaraknya hanya sekitar 400 meter.

H Joko juga mengimbau, untuk kedepan dalam melaksanakan kegiatan rukun kelima Islam itu, jika ada keluarga yang sudah tua memang harus ada pendamping. Sebab, di sana memang dibutuhkan betul kebugaran fisik. Apalagi saat akan melempar Jumroh, dimana semua jamaah se dunia berkumpul dan berjalan bersama. "Alhamdulillah tahun ini terowongan di Mina sudah ada 2. Itu sangat membantu saat melempar Jumroh," kata H Joko lagi.

Sementara itu, pihak Pemda Kepulauan Meranti yang diwakilkan langsung oleh Asisten I H Alizar mengakui ibadah haji memang sangat berat. Baik mengenai pendaftaran, kuota, biaya, maupun fisik. Untuk itu, Ia mengajak baik dirinya sendiri maupun seluruh warga yang sudah menunaikan ibadah haji hendaklah menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat tempat tinggalnya.(R24/iko)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru