riau24 Pemko Dumai Tanam 5000 Batang Pohon di Kampus UNRI | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Pemko Dumai Tanam 5000 Batang Pohon di Kampus UNRI

0
Pemko Dumai Tanam 5000 Batang Pohon di Kampus UNRI
Berita Riau -  Pemko Dumai Tanam 5000 Batang Pohon di Kampus UNRI

Dumai, Riau24.com - Mensukseskan Program Bulan Menanam Nasional 2016 dengan tema ‘Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air, Energi Terbarukan’, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melaksanakan penanaman 5000 batang pohon yang dipusatkan di halaman Kampus UNRI Kelautan, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat pada Senin (26/09).

Penanaman 5000 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon mahoni, matoa, pulai dan angsana secara simbolis dilakukan oleh Walikota Dumai H. Zulkifli As, bersama Ketua DPRD Dumai Gusri Efeendi, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin, Sekdako Dumai H. Said Mustafa, unsur Muspida dan sejumlah Kepala Dinas, Camat dan Lurah se Kota Dumai.

Pada program penanaman 1 miliar pohon tahun 2016 kali ini ditargetkan dari penanaman 5000 batang pohon, maka akan dapat menghasilkan 2200 batang pohon terpelihara. Selain itu Pemko Dumai melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) juga menyediakan 50.000 batang bibit tanaman kehutanan.

Pemko Dumai juga melaksanakan program penghijauan hutan berupa pemeliharaan dan pembangunan hutan kota dengan luas 19 hektare yang berlokasi di halaman Kantor Walikota Dumai dan beberapa tempat lainnya.

Selain penanaman pohon dalam acara ini Pemko Dumai menyerahkan bantuan - bantuan kepada sejumlah kelompok tani. Bantuan yang diberikan berupa 11 unit hand traktor (TR-2) dan sejumlah peralatan dan bahan pertanian yang secara simbolis dilakukan oleh Walikota Dumai.

Dimana dalam pelaksanaan penanaman pohon dan penyerahan bantuan kepada kelompok tani tersebut berasal dari dana bagi hasil kehutanan berupa dana reboisasi, dana alokasi khusus (DAK), APBD Dumai tahun 2016 sebagai dana pendamping dan dana aspirasi dari anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Riau.

Dana bantuan pemerintah untuk kelompok tani ini dalam rangka menunjang dan mendukung program pajale (padi, jagung dan kedelai) dengan target luas lahan masing-masing 2.303 hektar tanaman padi, 693 hektar jagung dan 130 hektar tanaman jagung.

Walikota Dumai H. Zulkifli AS mengatakan, sangat menyambut baik program ini dan akan mendukung sepenuhnya program penghijauan ini, karena dinilai sangat baik dan juga menjadi salah satu program prioritasnya bagi masyarakat Dumai.

“ Reboisasi atau penghijauan ini menjadi motivasi saya untuk masyarakat Dumai untuk menciptakan Dumai yang asri, adem, nyaman dan enak dipandang mengingat Dumai merupakan kota yang panas dan rawan banjir,” ujar Zul As sapaan Walikota Dumai.

Ditambahkannya, kegiatan ini sangat positif dan merupakan salah satu warisan kita kepada generasi kedepan dan ini juga bisa dijadikan salah satu solusi dalam mengatasi banjir yang melanda daerah ini.

“Program ini sangat kita galakkan dan saya atas nama pribadi dan Pemko Dumai juga sudah memerintahkan kepada semua Dinas, Camat dan Kelurahan untuk melakukan penghijauan khususnya di kantor mereka dan untuk camat dan lurah kita bahkan meminta mereka melakukan penghijauan dilingkungan mereka dan tidak hanya di kantor saja,” tukas Zul AS. (***)



R24/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru