riau24 9 Objek Wisata Rohul Dikembangkan Jadi Destinasi Hutan Tropis Wisata | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

9 Objek Wisata Rohul Dikembangkan Jadi Destinasi Hutan Tropis Wisata

0
9 Objek Wisata Rohul Dikembangkan Jadi Desinasi Hutan Tropis Wisata
Berita Riau -  9 Objek Wisata Rohul Dikembangkan Jadi Destinasi Hutan Tropis Wisata
Rohul, Riau24.com - Dalam upaya meningkatkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di sektor pariwisata, Plt Bupati Rohul H Sukiman tunjuk 9 objek wisata di Rohul agar dikembangkan menjadi destinasi hutan tropis wisata.
 

“Sesuai intruksi Plt Bupati Rohul, ada 9 objek wisata yang ditunjuk untuk dijadikan destinasi hutan tropis wisata di Rohul. Nantinya, ke 9 objek wisata itu diharapkan selain meningkatkan PAD di sektor pariwisata, juga akan berdampak peningkatan ekonomi masyarakat,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rohul, Yurikawati melalui Kabid Pariwisata, H Mastur M.Si, Senin (26/9/2016) di kantornya.
 

Mastur juga menyatakan, ke 9 objek wisata yang ditunjuk Plt Bupati untuk dikembangkan menjadi destinasi hutan tropis wisata, yakni objek wisata Hapanasan, Aek Martua, Gua Sikapir, Air Panas, Sungai Bungo, Batu Gajah, Air Terjun Parlakitangan, Bendungan Cipogas dan Irigasi Bendungan Menaming.
 

Diakui Mastur, kini untuk menjangkau ke 9 objek wisata tersebut sudah dibuka jalur atau jalannya, termasuk ke Sungai Bungo walaupun hanya masih menggunakan sepeda motor. 
 

“Secara bertahap, nantinya akan dilakukan penataan dan kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk lakukan kerjasama linstas sektoral. Diharapkan, nantinya para pengunjung yang datang ke Rohul akan betah dengan adanya objek wisata yang diprioritaskan untuk dikembangkan jadi wisata destinasi hutan tropis,” harap Mastur.
 

Dampak dengan dikembangkannya 9 objek wisata tersebut, Mastur juga yakin kedepannya bakal dibangun rumah-rumah pesingahan bagi pengunjung, termasuk losmen, hotel termasuk rumah-rumah makan, serta kerajinan khas Rohul. Tentunya hal ini akan berdampak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar objek wisata.
 

Katanya lagi, saat ini Pemkab Rohul juga terus berupaya meningkatkan PAD di sektor pariwisata setiap tahunnya. Kini target PAD sektor pariwisata dari dua objek wisata yang dikelola, Hapanasan dan dan Cipogas tahun 2016 Rp 126 juta, dan sudah terealisasi hingga mencapai 60 persen, dan meningkat dibandingkan tahun 2015 dengan target Rp 75 juta dengan pencapaian realisasi PAD over target.
 

“Selain meningkatkan PAD, diharapkan nantinya pengembangan 9 objek wisata tersebut juga berdampak terhadap peningkatan taraf ekonomi masyarakat, khususnya yang berada di sekitaran ke 9 objek wisata Rohul yang akan dikembangkan,” jelasnya. (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru