riau24 Kadisbun: Program Replanting Tergantung Pada Kesiapan Petani | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pekanbaru

Kadisbun: Program Replanting Tergantung Pada Kesiapan Petani

0
Berita Riau -  Kadisbun: Program Replanting Tergantung Pada Kesiapan Petani

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau tidak bisa memprediksi ada atau tidaknya kebun sawit yang menjalani masa replanting (peremajaan, red) sebab program ini sendiri tergantung pada kesiapan petani.

“saya tidak bisa meprediksi ada atau tidaknya, replanting ini tergantung kesiapan petani dan pihak pembangunan kebun,” ujar Kadisbun Provinsi Riau, Muhibul Basyar beberapa hari yang lalu.

Dikatakannya, persoalan saat ini adalah, petani tidak mempunyai dana yang memang dipersiapkan untuk program replanting karena membutuhkan biaya yang begitu besar. “kalau dia punya dana sendiri ya jalanlah program itu, tetapi kalau tidak mau tidak mau menunggu bantuan saja,” kata Muhibul kepada Riau24.com

[Tenaga Kerja Riau Yang Tersertifikasi tidak Lebih dari 2000]

Sementara, tambahnya, saat ini program repanting tidak lagi menggunakan sistem revitalisasi yang didanai oleh pemerintah melainkan sistem KUR, sehingga pihak yang mengucurkan danalah yang berhak memutuskan suatu daerah layak di replanting atau tidak, sedangkan pemerintah sifatnya hanya membantu.

“Melihat dari kesiapan petani, tentu nanti dipertimbangkan masing-masing kemampuannya untuk pengembalian kredit bank sehingga bisa lancar,” jelasnya pada Riau24.com.

Sehingga siapa yang diberi bantuan oleh perbankan sudah tentu yang dianggap memenuhi syarat yang titik beratnya lebih kepada kesanggupan petani untuk pengembalian kredit yang dipinjamkan kepada mereka.

[Jelang Penutupan PON, Riau Duduki Posisi KE 7]
 

“Dari perbankan pasti ada syarat-syarat terntentu, bagaimana dana yang dikucurkan tersebut berhasil dan petani mampu untuk membayar kembali secara kredit, tetapi banyak kasusnya yang sertifikatnya disekolahkan atau hutang banyak, gimana mau bayar kredit nanti,” pungkas Muhibul.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru