riau24 Dari 19 Kebutuhan Gardu Induk, Riau Hanya Miliki Sebanyak 8 | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pekanbaru

Dari 19 Kebutuhan Gardu Induk, Riau Hanya Miliki Sebanyak 8

0
Berita Riau -  Dari 19 Kebutuhan Gardu Induk, Riau Hanya Miliki Sebanyak 8

Pekanbaru, Riau24.com- Dinas Pertambangan ben, Syahrial Abdi mengatakan selama ini terjadi kekeliruan bahwa untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Provinsi Riau, perlu dilakukan penambahan pembangkit listrik, padahal seharusnya yang diperbanyak adalah gardu induk, jaringan distribusi dan jaringan transmisi.

“Itu yang saya bilang keliru, kelirunya adalah kita memperbanyak pembangkit, padahal yang harus banyak itu gardu induk dan jaringan transmisi serta jaringan distribusi,” ujar Syahrial Abdi di Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Sementara, kata Syahrial, Riau sendiri sejauh ini hanya memiliki 8 gardu induk yang berdasarkan kebutuhan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau, memiliki sebanyak minimal 12 gardu induk. “tetapi idealnya kita seharusnya memiliki sebanyak 19 gardu induk,”sambung Syahrial.

Menurutnya, sekalipun Riau memiliki  pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang berlokasi di Tenayan Raya, tidak serta merta bisa dirasakan oleh masyarakat Riau. Pasalnya, PLTU yang masuk ke dalam sistem interkoneksi antar Sumatera itu, PLTU nantinya akan ikut menghantarkan daya ke seluruh provinsi di Pulau Sumatera.

“Sehingga beban puncak Riau sebanyak 644 megawatt yang daya mampu hanya sebesar 500 megawat, tidak tertutupi. Jika memang 2x110 megawatt tersebut langsung bisa dikonversikan kepada seluruh masyarakat Riau, defisit sebanyak 80 megawatt bisa tertutupi, malah akan surplus sebanyak 120 megawatt,” pungkas Syarial.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru