riau24 Kekurangan Pasokan Listrik, Riau Mulai Kembangkan PLTBG | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Kekurangan Pasokan Listrik, Riau Mulai Kembangkan PLTBG

0
Berita Riau -  Kekurangan Pasokan Listrik, Riau Mulai Kembangkan PLTBG

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Provinsi Riau, Syahrial Abdi menyebutkan Hingga tahun 2017, Provinsi Riau akan menambah tiga gardu induk baru sehingga kedepan total seluruh gardu induk di Riau sejumlah 11 buah.

 “Itu masuk dalam RPTLnya PLN, sampai dengan tahun 2017 nanti dalam prosesnya ada 3 gardu induk baru. Jadi kita dari 8 bertambah 3, jadi 11 semuanya,” ujar Syahrial di Pekanbaru.

Namun, terang Syahrial, penambahan 3 induk baru masih belum mencukupi kebutuhan energi listrik di Provinsi Riau. Idealnya dengan kebutuhan listrik Provinsi Riau yang begitu besar maka seharusnya Riau memiliki 19 gardu induk.

Sehingga, pasokan listrik di Riau yang sering terganggu mendorong 7 perusahaan kepala sawit untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG) dengan harapan bisa mencukupi kebutuhan energy listrik Provinsi Riau yaitu sebanyak 644 megawatt.

“Potensi yang lainnya banyak sekali, terutama energi terbarukan itu yang dari limbah sawit. Baik limbah sawit maupun limbah padat,” tambah Syahrial.

Apalagi, katanya, di Riau memiliki 227 pabrik kelapa sawit yang berarti Riau memiliki begitu besar potensi dan tidak lagi terganggu oleh persoalan listrik yang hingga saat ini masih meresahkan warga tersebab intensitas pemadaman yang cukup sering.

“Kita punya 227 pabrik kelapa sawit. Jika untuk 30 ton TBS/perjam PKS itu Palm oil bisa membangkitkan 1 megawatt. Jadi kalau 60 TBS perjam itu bisa 2 megawatt, nah ini potensi yang harusnya bisa kita gunakan,” tutupnya.

Senada dengan Syahrial, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun), Muhibul Basyar menjelaskan banyak keutamaan dari pohon kepala sawit yang apabila dimanfaatkan akan mampu membantu kebutuhan pasokan energi listrik yang begitu besar.

“Kita ada kelapa sawit yang limbahnya bisa digunakan untuk PLTBG, ini sangat besar manfaat dan potensi dari kelapa sawit itu sendiri,” pungkas Muhibul.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru